Banyak kabar kurang sedap terkait perusahaan BUMN. Banyak kalangan yang menilai kinerja BUMN jelek, rugi melulu. Namun kenyataannya, justru cukup banyak BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Indonesia yang punya kinerja baik, bagus, bahkan cemerlang. Di artikel ini Kanala ID akan bahas 7 saham dan perusahaan BUMN terbaik di Indonesia. Penasaran apa saja daftar saham dan perusahaannya? Simak pembahasan berikut.

Di artikel ini Kanala ID membahas saham dan perusahaan BUMN yang sudah go public. Daftar referensi saham ini dapat menjadi pertimbangan Anda jika ingin investasi pada perusahaan-perusahaan BUMN.

Segudang BUMN yang Melantai di Bursa Saham

Ada banyak perusahaan BUMN yang sudah melantai di bursa efek. Sebut saja, contohnya seperti:

  • Telkom Indonesia (bahkan dual listing, terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan New York Stock Exchange),
  • Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN,
  • Jasa Marga,
  • Perusahaan Gas Negara,
  • PT. Bukit Asam,
  • PT. Timah,
  • PT. Aneka Tambang,
  • Garuda Indonesia,
  • dan banyak lagi. Untuk melihat daftar saham BUMN, Anda bisa cek langsung di website Bursa Efek Indonesia.

Untuk Anda yang membutuhkan edukasi menyeluruh dan pendampingan dalam investasi saham, yuk ikuti: program private mentoring investasi saham Kanala ID.

Dari sekian banyak perusahaan milik negara yang melantai di bursa, ada sejumlah perusahaan yang punya kinerja bagus. Bahkan mereka langganan menjadi penyetor dividen jumbo untuk negara dan pemegang saham. Nah di artikel ini kita akan bahas deretan saham dan perusahaan BUMN terbaik tersebut.

Perlu Anda ketahui, kriteria pemilihan daftar saham ini antara lain:

  1. Saham-saham perusahaan dengan fundamental bagus dan bertumbuh. Kanala ID melihat faktor utama yakni: pertumbuhan pendapatan dan net profit dari tahun ke tahun.
  2. Jumlah dividen yang dibayarkan untuk negara dan pemegang saham.
  3. Valuasi perusahaan (valuasi saham). Kita akan bahas saham-saham berfundamental baik dengan valuasi yang masih murah ataupun setidaknya menarik.
  4. Kita khusus membahas perusahaan BUMN yang sudah go public.

7 Saham dan Perusahaan BUMN dengan Kinerja Terbaik

Inilah video ulasan seputar 7 saham dan perusahaan BUMN terbaik. Silakan tonton video ini untuk lihat analisis lengkapnya.

Berikut deretan saham BUMN bagus dan menarik untuk investasi.

1. Bank BRI (BBRI)

Di daftar pertama sudah tentu ada bank BRI. Bank terbesar di Indonesia ini termasuk BUMN dengan kinerja yang luar biasa dalam rentang waktu belasan tahun terakhir. Sejak tahun 2000-an hingga tahun 2020, saham BRI sudah naik luar biasa.

harga saham BRI
Harga saham BRI sudah naik sangat banyak sejak tahun 2000-an hingga 2020.

Hal ini tidak mengherankan. Sebab kinerja BBRI memang jempolan. Seperti misalkan pada tahun 2019, BBRI sanggup mencetak laba sebesar 34,41 triliun Rupiah. Walaupun pada tahun 2020 kinerja BRI anjlok, prospek BBRI ke depannya tetap menarik. Sebab selain menjadi salah satu pemimpin pasar di sektor perbankan, BBRI punya permodalan yang sangat kuat. Lebih detail tentang daya tarik dan analisis BBRI dapat Anda tonton pada video berikut.

2. Bank BNI (BBNI)

Selain itu ada juga bank BUMN lain, yakni Bank BNI (BBNI). Meski kinerjanya tak sedahsyat BBRI, namun BBNI tak bisa dianggap remeh. Pada tahun 2019, BBNI sanggup mencetak laba sebesar 15,38 triliun Rupiah.

Di tahun 2020, harga saham BBNI anjlok dalam. Namun ini justru jadi peluang untuk Anda yang memang berminat investasi di saham BBNI.

Akibat pandemi covid-19, harga saham BBNI anjlok dalam di tahun 2020. Ini jadi peluang menarik untuk yang ingin koleksi saham BBNI.

Analisis dan ulasan detail seputar saham BBNI dapat Anda simak di video ini.

3. Bank Mandiri (BMRI)

Berikutnya ada Bank Mandiri dengan kode saham BMRI. Secara kinerja, BMRI juga terbilang baik dan memuaskan. Pada tahun 2019, emiten ini sanggup mencetak laba sebesar 27,5 triliun Rupiah. Dari sisi aset pun emiten ini layak diacungi jempol. Tercatat, pada kuartal 3 2020, BMRI punya nilai aset yang mencapai lebih dari 1.400 triliun Rupiah. Luar biasa, kan? BMRI termasuk salah satu bank terbesar di Indonesia.

Salah satu daya tarik saham BMRI adalah perusahaan ini juga rajin bagi dividen. Setiap tahun, BMRI membayarkan dividen dengan yield yang cukup menarik. Untuk cek ulasan lengkap saham bank bagus, silakan baca artikel ini: 5 Saham Terbaik Untuk Investasi Jangka Panjang

4. Bank BTN (BBTN)

Berikutnya masih diisi oleh bank BUMN lain, yakni Bank BTN. Meski tak sebesar BBNI, BMRI, dan BBRI, BBTN tetap layak dikategorikan sebagai salah satu BUMN pencetak untung.

Sektor perbankan Indonesia memang sangat menarik. Sebab banyak sekali bank yang terus mencetak untung dan pertumbuhan bagus. Bahkan dari antara sekian banyak sektor di bursa efek Indonesia, perbankan adalah salah satu yang terbaik. Apalagi untuk Anda yang memang berminat investasi jangka panjang, sektor perbankan dapat menjadi pilihan Anda. Asalkan pilih bank dengan kualitas terbaik ya.

Website Bank BTN.

5. Telekomunikasi Indonesia (TLKM)

Salah satu BUMN terbesar di Indonesia adalah Telekomunikasi Indonesia. Telkom adalah induk usaha Telkomsel. Pada tahun 2019, laba bersih TLKM adalah 18,66 triliun. TLKM juga termasuk salah satu emiten dengan jumlah pembayaran dividen terbesar untuk negara. Salah satu daya tarik TLKM adalah mereka merupakan pemimpin pasar dalam industri telekomunikasi Indonesia. Sudah sangat sulit bagi pesaing untuk menggeser dominasi TLKM.

TLKM juga dikenal rajin dalam membagi dividen. Tak hanya itu, emiten ini juga melakukan dual listing. Saham TLKM tak hanya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Lebih dari itu, sahamnya juga listing di NYSE (New York Stock Exchange).

Lebih rinci tentang analisis dan prospek saham Telkom bisa ditonton di video ini.

6. PT. Bukit Asam (PTBA)

Berikutnya dari sektor tambang, khususnya batu bara ada saham PTBA. PT Bukit Asam termasuk salah satu perusahaan batu bara terbesar dan terbaik di Indonesia. Salah satu daya tarik PTBA adalah emiten dikenal royal dan rutin membagi dividen. Untuk analisis detail saham PTBA silakan simak artikel ini: 5 Saham Batu Bara Terbaik, Bagus Untuk Koleksi

7. Elnusa (ELSA)

Berikutnya ada Elnusa. Perusahaan ini bergerak di bidang migas. Mereka menyediakan produk dan jasa yang berkaitan dengan minyak dan gas, industri, dan juga jasa digital. Mayoritas saham ELSA dimiliki oleh PT. Pertamina dan Dana Pensiun Pertamina.

Kanala ID memasukkan saham ELSA dalam list ini karena selain mereka punya kinerja yang cukup baik, juga karena faktor valuasi. Ketika artikel ini ditulis, saham ELSA dihargai dengan valuasi PER sekitar 4,70 kali. Cukup, menarik?

Analisis lebih detail tentang saham ELSA dapat Anda simak pada video yang sudah ada di atas.

Apakah Saham BUMN Sudah Pasti Bagus?

Belum tentu. Kendati BUMN dimiliki oleh negara, pada akhirnya akan kembali pada kinerja perusahaan masing-masing. Beberapa BUMN memang punya kinerja jempolan. Namun tak sedikit juga BUMN yang jelek dan bermasalah.

Untuk itu, bagi kita para investor pastikan melakukan analisis detail sebelum membeli saham apapun, termasuk saham BUMN. Pilihlah perusahaan/saham BUMN yang memang benar-benar bagus. Pelajari betul kinerja fundamental perusahaan tersebut. Lakukan analisis menyeluruh dan detail. Pelajari juga track record perusahaan tersebut. Jadilah investor yang bijak.

Cara Meraih Untung dari Investasi Saham BUMN

Pada dasarnya, ada dua cara meraih untung dari saham BUMN. Dua cara tersebut antara lain:

  1. Dari dividen. BUMN bagus biasanya punya kinerja dan kondisi keuangan yang baik. Dengan demikian mereka rutin bagi dividen. Apalagi negara memang butuh setoran dividen dari BUMN. Untuk Anda yang suka koleksi saham dividen, saham-saham BUMN terbaik yang sudah kita bahas tadi dapat jadi pertimbangan dan koleksi Anda.
  2. Dari capital gain. Jika target Anda adalah investasi jangka panjang, pilihlah BUMN dengan kinerja yang bagus dan bertumbuh. Ketika suatu perusahaan terus bertumbuh, nilai perusahaan tersebut akan terus meningkat. Pada akhirnya harga saham perusahaan tersebut juga akan meningkat. Tentunya ini menarik untuk Anda yang memang mengincar capital gain.

Untuk yang butuh referensi saham-saham bagus dengan dividen besar, silakan tonton video berikut.

Nah pembaca, itulah deretan saham dan perusahaan BUMN go public yang bagus dan menarik. Anda tertarik koleksi sahamnya? Selamat mencoba dan happy investing!

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here