Untuk Anda yang ingin nabung saham dengan modal 1 jutaan, silakan simak artikel ini. Di sini kita akan bahas seputar:

  • Cara nabung saham dengan modal 1 jutaan.
  • 7 saham terbaik untuk investasi saham modal 1 juta.
  • Dan pastinya kita akan bahas juga strategi investasi saham dengan budget 1 jutaan per bulan.

Penasaran? Mari langsung saja kita bahas.

Apa Itu Nabung Saham? Cara Menabung Saham

Istilah nabung saham populer setelah adanya campaign Yuk Nabung Saham dari Bursa Efek Indonesia. Melalui program Yuk Nabung Saham, masyarakat diajak untuk berinvestasi di pasar modal secara rutin (misal menabung 100 ribu tiap bulan).

Nabung saham bisa kita artikan sebagai kegiatan menyisihkan dana secara rutin untuk diinvestasikan di saham. Jadi, ketika seseorang menabung saham maka ia akan menyisihkan dananya untuk diinvestasikan ke saham. Bisa dilakukan secara rutin (misal setiap bulan) ataupun dalam periode lainnya.

Cara menabung saham cukup sederhana. Menurut Kanala ID, inilah cara menabung saham yang mudah:

  1. Sisihkan/alokasikan budget investasi saham Anda (misal: 1 juta per bulan).
  2. Belilah saham perusahaan secara rutin (misal: setiap bulan, tiga bulan sekali, ataupun sesuai periode lainnya).
  3. Tentu saja, Anda harus membeli saham perusahaan yang bagus dan bertumbuh. Tujuannya agar nilai investasi Anda terus bertumbuh dari waktu ke waktu.
  4. Dalam kegiatan nabung/investasi saham, target kita biasanya adalah jangka panjang. Idealnya berinvestasi saham memang dalam target jangka panjang: misal di atas 3 tahun.

Jika Anda butuh pengenalan lengkap seputar nabung ataupun investasi saham, silakan tonton video ini. Di video ini Kanala ID sudah jelaskan secara detail langkah demi langkah memulai investasi saham.

Bisakah Nabung Saham dengan Modal Kecil? 

Tentu saja bisa. Sebab pada beberapa sekuritas, kita bisa membuka rekening saham dengan setoran awal 100 ribu. Jadi, dengan modal 100 ribu pun Anda sudah bisa mulai nabung saham.

Apalagi saat ini ada banyak saham yang harga per lembarnya di bawah 1000. Ketika membeli saham, kita harus membeli minimal 1 lot (100 lembar). Jadi jika ada saham yang harganya 1000, maka untuk 1 lot kita hanya perlu merogoh kocek 100 ribu. Jadi Anda sudah bisa beli saham dengan modal 100 ribuan atau bahkan kurang.

Baca juga: 5 Saham Bagus Harga Cuma 100 Ribuan.

Nah khusus di artikel ini kita akan bahas pilihan saham terbaik untuk budget nabung 1 jutaan.

7 Saham Terbaik Untuk Investasi Saham Modal 1 Jutaan

Sebagian dari Anda mungkin punya budget investasi 1 jutaan per bulan. Atau bahkan lebih. Jika budget Anda lebih maka tentu makin bagus. Namun kalaupun masih 1 jutaan per bulan tak perlu khawatir. Sebab ada banyak saham bagus yang bisa Anda beli dengan budget 1 jutaan per bulan.

Selengkapnya, inilah 7 deretan saham pilihan untuk Anda. Lihat analisis dan sharing selengkapnya di video ini.

Anyway Anda wajib banget nonton video tadi. Sebab Kanala ID juga sudah bahas strategi terbaik untuk nabung saham dengan budget 1 juta/bulan. Pastikan Anda menerapkan strategi tersebut.

1. Saham BMRI, BBNI, dan BBRI

Pilihan pertama jatuh pada saham-saham bank bagus, khususnya saham yang masuk kategori BUKU IV. Contoh sahamnya seperti saham Bank BRI, saham bank Mandiri, dan saham Bank BNI. Saham-saham ini harganya cukup terjangkau.

Sebagai contoh, ketika artikel ini ditulis harga per lembar saham BBRI adalah 3150. Artinya untuk beli 1 lot BBRI Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 315 ribuan. Dengan budget 1 juta, Anda bisa beli 3 lot BBRI sebulan.

Selain Bank BRI, BBNI dan BMRI juga bisa jadi pilihan Anda. Tiga saham tadi tergolong saham perbankan favorit Kanala ID.

2. Saham Bank Jatim (BJTM)

Selain saham bank BUMN, Anda juga bisa pertimbangkan saham bank daerah. Khususnya saham Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (BJTM). Mengapa? Sebab BJTM punya kinerja fundamental yang bagus dan bertumbuh. Tak hanya itu, emiten ini dikenal cukup royal dalam membagi dividen.

Mereka rutin bagi dividen setiap tahun. Plus dividen yield-nya cukup lumayan. Bahkan bisa di atas 8%. Menarik banget, kan? Cek analisis saham BJTM dan bank bagus lainnya di video ini.

3. Saham Sido Muncul (SIDO) dan Ultra Jaya (ULTJ)

Nah untuk Anda yang suka dan tertarik dengan sektor consumer (barang konsumsi), Anda bisa pertimbangkan dua saham ini: saham Sido Muncul dan Ultra Jaya. Sido Muncul adalah perusahaan jamu dan farmasi. Anda pasti familiar dengan produk-produknya, seperti: Tolak Angin, Tolak Linu, Kuku Bima Ener-G, dan banyak lagi. Daya tarik SIDO adalah kinerja fundamentalnya yang terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Emiten ini pun juga rajin bagi dividen. Bahkan setahun bisa dua kali bagi dividen.

saham Ultra Jaya

Sementara itu, ULJT adalah saham dari perusahaan Ultra Jaya. Sesuai namanya, ini adalah produsen susu ultra. Tentu Anda tahu dengan merek susu Ultra. Tak hanya memproduksi susu, ULTJ juga memproduksi berbagai minuman dalam kemasan lainnya. Tak kalah dengan SIDO, kinerja Ultra juga terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir.

Jika Anda ingin lihat analisis lengkap kedua saham ini, silakan baca artikel ini: 5 Saham Consumer Bagus dan Menarik Untuk Jangka Panjang

4. Saham Indofood Sukses Makmur (INDF)

lini bisnis Indofood
Lini bisnis utama INDF (Indofood Sukses Makmur).

Pilihan berikutnya ada saham INDF. Anda pasti tahu dengan salah satu produknya, yakni Indomie. Namun bisnisnya Indofood tak hanya Indomie. INDF ini punya empat lini bisnis utama, yakni:

  • Consumer branded products, yakni lini bisnis yang khusus menangani produk-produk konsumer bermerek Indofood. Sebut saja seperti Indomie, Indomilk, Popmie, Chitato, dan banyak lagi.
  • Agribisnis. INDF juga punya lini bisnis agribisnis.
  • Bogasari.
  • Lini bisnis distribusi.

Saat artikel ini ditulis, harga saham INDF sekitar 7200 per lembarnya. Artinya untuk beli 1 lot INDF, Anda hanya perlu mengeluarkan 720 ribuan. Jadi budget 1 juta per bulan sudah bisa untuk membeli saham INDF secara rutin.

5. Saham PT Bukit Asam (PTBA)

Nah kalau Anda berminat koleksi saham pertambangan, emiten yang satu ini juga bisa Anda pertimbangkan. Tidak lain tidak bukan adalah PT Bukit Asam. Ini adalah perusahaan batu bara dan energi besar di Indonesia. Termasuk salah satu perusahaan BUMN terbaik di Indonesia.

Kanala ID pun tak ragu untuk menyebut bahwa PTBA adalah salah satu perusahaan batu bara terbaik di Indonesia. Analisis lengkap saham PTBA bisa Anda simak di video berikut.

6. Saham Astra Internasional

Yang keenam ada saham Astra Internasional dengan kode saham ASII. Siapa yang tak kenal grup Astra?

Astra Internasional adalah konglomerasi yang punya banyak lini bisnis. Sebut saja seperti:

  • bisnis otomotif,
  • jasa keuangan,
  • alat berat, konstruksi, dan pertambangan,
  • agribisnis,
  • infrastruktur dan logistik,
  • teknologi informasi,
  • dan properti.
Astra Internasional
Lini bisnis Astra Internasional.

Ketika artikel ini ditulis, harga saham ASII sekitar 4740. Artinya untuk membeli 1 lot kita hanya perlu membayar sekitar 470 ribuan. Cukup terjangkau, kan?

7. Saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM)

Yang ketujuh ada saham Telkom Indoensia. Untuk Anda yang berminat dengan bisnis telekomunikasi, maka TLKM wajib menjadi pilihan utama Anda. Sebab Telkom adalah market leader dalam bidang telekomunikasi di Indonesia. Salah satu “mesin duit” Telkom adalah Telkomsel. Untuk Anda yang ingin ikut memiliki Telkomsel, maka Anda bisa ikut beli saham TLKM.

Selain itu, TLKM ini termasuk salah satu saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia. Jadi, tampaknya tak mungkin melewatkan TLKM dalam portofolio investasi kita. Apalagi jika Anda memang suka dengan sektor telekomunikasi.

Nah pembaca, itulah referensi seputar 7 saham terbaik yang bisa Anda beli secara rutin dengan budget 1 jutaan per bulan. Tentu saja selain saham-saham tadi masih ada banyak saham lainnya. Hanya saja, referensi di atas tentu cukup membantu Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi. Sukses selalu.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here