Ada banyak sektor saham di Bursa Efek Indonesia. Salah satu sektor yang menarik adalah sektor perbankan. Salah satu buktinya terlihat dari hal ini. Dari 10 emiten dengan market cap terbesar di BEI, 4 di antaranya dikuasai oleh bank. Sebut saja seperti Bank BCA (BBCA), Bank BRI (BBRI), Bank Mandiri (BMRI), dan Bank BNI (BBNI).

Lantas, apa saja saham bank menarik untuk investasi jangka panjang? Mana saja yang layak dikoleksi untuk investasi? Mari kita ulas selengkapnya di artikel ini.

Mengapa Mengoleksi Saham Perbankan?

Ada banyak keunggulan ketika kita membeli saham bank. Beberapa contoh keunggulan tersebut misalnya:

  1. Sektor usaha yang menjanjikan. Bank termasuk sektor usaha yang menarik dan menguntungkan. Jika Anda perhatikan laba bersih bank-bank besar di Indonesia, Anda akan melihat betapa besar keuntungan yang mereka dapatkan. Misalkan contoh untuk Bank BRI, di tahun 2019 mereka mampu mencatatkan laba bersih sampai 34 triliun. Tentu Anda bisa cek juga kinerja bank lain seperti BCA, Mandiri, atau BNI.
  2. Sektor yang menarik untuk jangka panjang. Berbeda dengan saham di sektor mining atau properti, bisnis perbankan sifatnya tidak fluktuatif. Jika di sektor mining, perusahaan sangat bergantung pada harga komoditas, maka tidak demikian dengan perbankan. Dengan demikian, saham bank relatif lebih aman jika kita bandingkan dengan saham yang sifatnya cyclical.
  3. Valuasi yang relatif masih murah. Di tahun 2020 ini terjadi pandemi Covid-19. Yang mana hal tersebut berimbas pada rontoknya harga saham perbankan di kuartal 1 dan 2 tahun 2020. Akibat hal tersebut, maka valuasi saham-saham bank yang bagus pun banyak yang jadi makin menarik.
laba BBRI 2019
Laba bersih Bank BRI di tahun 2019: 34 triliunan.

5 Saham Bank yang Bagus dan Menarik Untuk Dikoleksi

Pada dasarnya ada banyak bank di Indonesia. Namun untuk keperluan investasi, Kanala ID cenderung merekomendasikan saham dengan fundamental yang bagus. Contoh saham bank yang bagus untuk dikoleksi misalnya sebagai berikut.

1. Saham Bank BRI (BBRI)

Salah satu bank terbesar di Indonesia. Jika kita lihat data, total aset Bank BRI pada akhir 2019 ada sebesar 1400-an triliun Rupiah. Dari sisi kinerja, dalam 10 tahun terakhir BBRI mencatatkan kinerja gemilang. Hal ini terlihat dari pertumbuhan revenue dan net profit yang terus menanjak dari tahun ke tahun.

Nilai aset BBRI dari tahun ke tahun.
Kinerja Bank BRI 2010-2019.

Analisa menarik seputar prospek dan cara investasi saham BBRI bisa Anda simak di video berikut.

2. Saham Bank BNI (BBNI)

Berikutnya ada saham Bank BNI (BBNI). Bank BNI termasuk salah satu bank terkemuka di Indonesia. Dari segi total aset, nilainya mencapai di atas 800 triliun Rupiah. Tentu termasuk salah satu bank terbesar di Indonesia. Dari sisi kinerja pun, BBNI juga layak diacungi jempol. Dalam 10 tahun terakhir (2010-2019), BBNI sukses bukukan revenue dan profit yang terus naik.

Aset Bank BNI 2010-Maret 2020.
Kinerja pendapatan dan laba bersih Bank BNI 2010-2019.

3. Saham Bank Mandiri (BMRI)

Sama halnya dengan BBNI, BMRI (Bank Mandiri) juga termasuk salah satu bank terbesar di Indonesia. Bank milik pemerintah ini pun juga turut mencatatkan kinerja jempolan. Jika Anda perhatikan kinerja fundamental BMRI, Anda juga akan mengapresiasi kinerja manajemen BMRI.

Nah, soal analisa saham BBNI dan BMRI sudah pernah kami bahas di video berikut ini. Pastikan Anda menonton video berikut.

4. Saham Bank Jatim (BJTM)

Tak hanya bank-bank buku IV, bank buku III dan bank daerah pun juga ada yang menarik lho. Salah satunya adalah Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim). Walaupun dari segi aset BJTM tidak sebesar bank-bank yang sudah kita bahas, namun BJTM juga punya kinerja yang terus bertumbuh.

Analisa lengkap seputar prospek saham BJTM sudah kami bahas di video berikut. Silakan ditonton.

5. Saham Bank BCA (BBCA)

Yang terakhir ada saham BBCA. Sudah tentu Anda tahu perusahaan ini, yakni Bank BCA. Di tahun 2020 ini, Bank BCA adalah perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia. Dari sisi kinerja pun BBCA mencatatkan kinerja yang gemilang dalam rentang waktu 10 tahun terakhir.

Analisa dan ulasan seputar saham BBCA dapat Anda simak di video berikut.

Nah pembaca itulah rekomendasi saham-saham bank yang menarik dan layak dikoleksi untuk jangka panjang. Selamat berinvestasi.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here