Salah satu sektor saham yang menarik adalah sektor tambang, khususnya batu bara. Sebagai salah satu negara penghasil batu bara terbesar, Indonesia punya banyak potensi di sektor ini. Nah untuk Anda yang ingin koleksi saham-saham batu bara, Anda bisa simak artikel ini.

Di artikel ini Kanala ID akan bahas pilihan saham batu bara terbaik untuk koleksi ataupun investasi. Tak hanya itu, kita juga akan bahas analisis mendalam seputar saham-saham tersebut.

Penasaran? Mari langsung saja kita bahas.

Untuk Anda yang membutuhkan edukasi menyeluruh dan pendampingan dalam investasi saham, yuk ikuti: program private mentoring investasi saham Kanala ID.

Peluang dan Strategi Investasi di Saham Batu Bara

Sektor batu bara menyimpan peluang yang menarik. Jika kita perhatikan pergerakan saham batu bara dalam 10 tahun terakhir, kita melihat kesamaan pola. Kesamaan polanya adalah ada tahun-tahun tertentu ketika saham batu bara bisa naik tinggi. Namun ada pula momen ketika harga sahamnya terjun bebas dan berada di level terendah.

grafik harga PTBA 2010 - 2020
Grafik harga saham PTBA 2010 – 2020.
Grafik harga saham ADRO 2010 – 2020.

Jika kita bisa memanfaatkan momentum tersebut, tentu kita bisa meraih peluang untuk meraup cuan di pasar modal. Ketika kita bisa membeli saham batu bara ketika harganya sedang rendah, maka kita berpotensi meraih capital gain ketika harga saham tersebut kembali ke puncak.

Tentu melaksanakan hal tersebut tidak semudah membalik telapak tangan. Namun untuk Anda yang memang tertarik, Anda bisa coba eksplor peluang ini.

Pergerakan harga saham batu bara ini sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga batu bara. Sebab ketika harga batu bara tinggi, maka kinerja perusahaan tambang tersebut relatif akan menjadi lebih baik. Yang pada akhirnya akan berimbas pada harga saham mereka.

Demikian pula ketika harga batu bara hancur, maka kinerja perusahaan batu bara pun akan menurun. Pada akhirnya juga akan berakibat pada harga saham mereka.

Kanala ID - grafik harga batu bara
Grafik harga batu bara 3 tahun terakhir, termasuk saat 2020.

Hal ini perlu dicermati oleh investor. Karena sifatnya yang fluktuatif, maka berinvestasi saham di sektor batu bara relatif lebih tinggi risikonya dibanding sektor lain. Namun di sini justru terdapat peluang yang menarik.

Cara Membeli dan Investasi Saham Batu Bara

Agar bisa membeli dan berinvestasi saham batu bara, sudah tentu kita perlu punya rekening/akun sekuritas. Selanjutnya barulah kita bisa bertransaksi saham. Nah untuk Anda yang masih sangat pemula dan baru mau memulai investasi saham, Anda bisa pelajari video tutorial berikut. Video ini akan memandu Anda step by step memulai investasi saham.

Setelah Anda punya rekening/akun sekuritas, maka Anda bisa segera membeli saham batu bara incaran Anda. Selanjutnya Anda bisa simpan saham tersebut atau bisa juga Anda perdagangkan ketika Anda ingin meraih hasil investasi Anda.

5 Saham Batu Bara Bagus dan Murah Untuk Koleksi

Langsung saja, inilah deretan saham batu bara terbaik untuk investasi/koleksi. Selengkapnya silakan tonton pembahasan lengkap di video ini.

1. Saham PT Bukit Asam (PTBA)

Yang pertama ada PT. Bukit Asam (PTBA). Ini adalah salah satu perusahaan batu bara terbesar dan terkemuka di Indonesia. PTBA termasuk salah satu BUMN Indonesia yang punya kinerja bagus dan rutin mencetak untung. PTBA punya banyak lini bisnis, di antaranya:

  • Mining, 
  • Trading,
  • Power,
  • Logistik,
  • Gas,
  • Investasi,
  • dan lainnya.

Dibandingkan perusahaan batu bara lainnya, kinerja PTBA relatif lebih stabil. Lebih lengkap tentang analisis PTBA dapat Anda simak di video tadi.

Lini bisnis PTBA. Sumber: Materi Public Expose PTBA 2020

2. Saham Adaro Energy (ADRO)

Yang kedua ada PT. Adaro Energy (ADRO). Termasuk salah satu perusahaan batu bara dan energi terkemuka di Indonesia. ADRO juga punya beberapa lini bisnis, di antaranya: Adaro Mining, Adaro Services, Adaro Power, Adaro Logistics, Adaro Water, Adaro Land, Adaro Capital, dan juga Adaro Foundation.

Daya tarik dari saham ADRO antara lain:

  • Merupakan salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia.
  • Valuasi yang terbilang cukup menarik. Saat artikel ini ditulis, valuasi PER ADRO adalah 8,14 (memakai EPS kuartal 2 2020 yang disetahunkan).
  • ADRO juga rutin bagi dividen tiap tahun. Bahkan ada dividen interim, sehingga setahun bagi dividen dua kali. Lumayan untuk jadi tambahan passive income seorang investor.

3. Saham Harum Energy (HRUM)

Yang ketiga ada saham HRUM (Harum Energy). Secara kinerja, memang HRUM tidak sebagus ADRO atau PTBA. Kendati demikian, emiten ini punya kas yang besar, dengan tingkat utang yang juga kecil. Lebih detail tentang saham HRUM sudah dibahas di video analisis di atas.

4. Saham Indo Tambang Raya Megah (ITMG)

Untuk saham ITMG, Kanala ID sudah pernah membahas detailnya di artikel ini: Prospek dan Analisis Fundamental Saham ITMG

ITMG termasuk salah satu perusahaan batu bara besar di Indonesia. Mereka juga dikenal cukup royal dalam membagi dividen.

5. Saham Mitrabara Adiperdana (MBAP)

Berikutnya ada perusahaan batu bara Mitrabara Adiperdana (MBAP). MBAP termasuk salah satu perusahaan batu bara yang kinerjanya efisien. Selain itu, MBAP juga termasuk royal dalam membagi dividen.

Analisis lengkap saham MBAP dapat Anda simak di video berikut. Di video ini Kanala ID juga sudah sharing studi kasus meraih untung hampir 100% dengan memanfaatkan saham MBAP. Ketika itu, Kanala ID membeli saham MBAP di valuasi yang sangat menarik, alhasil langsung auto cuan. 🙂

Jika diminta memilih, maka favorit Kanala ID untuk saham batu bara jatuh pada:

  1. Saham PTBA,
  2. Saham MBAP,
  3. Saham ADRO.

Cara Jitu Meraih Untung dari Saham-Saham Batu Bara

Pada dasarnya, hanya ada dua cara meraih untung dari saham. Dua cara tersebut yakni:

  1. Dari capital gain,
  2. Dari dividen.

Meraih Untung dari Capital Gain

Untuk saham batu bara, potensi capital gain sebenarnya besar. Khususnya ketika Anda membeli saham tersebut saat berada di titik/harga rendahnya. Selanjutnya ketika harga saham tersebut kembali ke puncak, kita bisa melepasnya dan meraih untung. Pergerakan harga ini biasanya berkaitan langsung dengan siklus harga batu bara.

Strategi yang dapat Anda gunakan adalah belilah saham ketika kondisinya sedang murah/undervalue. Selanjutnya ketika harga saham sudah kembali ke harga wajar, maka Anda bisa pertimbangkan untuk melepasnya.

Meraup Untung dari Dividen Saham Batu Bara

Selain dari capital gain, keuntungan juga bisa kita dapatkan dividen. Umumnya perusahaan batu bara yang bagus, rutin dan royal dalam membagi dividen. Bahkan perusahaan batu bara biasanya membagi dividen dengan jumlah dan yield yang besar. Jadi, Anda juga bisa raih untung dari dividen.

Bicara soal dividen, pastikan Anda simak juga video berikut. Di video ini Kanala ID sudah membahas 9 saham dengan dividen yang besar dan fundamentalnya bagus. Bisa jadi referensi Anda kalau mau koleksi saham dividen.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here