Ingin koleksi saham teknologi?

Ingin berinvestasi di sektor teknologi? Mari simak artikel ini. Sebab di artikel ini Kanala ID akan membahas seputar 5 saham teknologi Indonesia. Tak sekadar bahas saham, namun kita akan bahas saham yang punya fundamental bagus. Dengan demikian, saham-saham ini menarik untuk koleksi.

Bagi Anda yang butuh referensi untuk mengisi portofolio, artikel ini dapat menjadi solusinya.

Mengapa Mengoleksi Saham Teknologi?

Kehidupan kita sudah tidak bisa lepas dari teknologi. Mulai dari aspek kesehatan, bisnis, hiburan, dan semua bidang sudah terkoneksi dengan teknologi. Apalagi jika kita bicara bisnis, maka bisnis hari ini sudah tidak mungkin lepas dari teknologi. Dengan demikian, sektor teknologi menjadi salah satu sektor bisnis yang menarik.

Sayangnya memang pilihan saham teknologi di Bursa Efek Indonesia belum banyak. Tak hanya itu, berbagai saham teknologi yang ada di Indonesia pun bukanlah saham-saham terbaik. Jika kita lihat NASDAQ, di sana ada segudang perusahaan teknologi dengan kinerja luar biasa. Sebut saja seperti saham-saham Google, Microsfot (MSFT), Facebook (FB), Apple, Cisco, dan banyak lagi.

Kendati demikian, tetap ada saham-saham dengan fundamental baik di sektor teknologi Indonesia. Jadi ini bisa menjadi pintu masuk awal untuk koleksi saham di sektor tersebut.

Pada tahun 2021, Bursa Efek Indonesia juga menghadirkan indeks baru berbasis sektoral. Di sana terdapat IDXTechno. Dalam indeks tersebut kita akan menemukan berbagai daftar perusahaan teknologi yang ada di BEI.

daftar saham teknologi indonesia

Lantas, apa saja saham teknologi BEI yang menarik? Kanala ID pun mencoba melakukan analisis fundamental. Berdasarkan analisis tersebut, inilah daftar 5 saham teknologi dengan fundamental paling bagus (menurut Kanala ID).

5 Saham Teknologi dengan Fundamental Bagus

Inilah kelima saham tersebut. Selengkapnya, silakan tonton ulasan di video ini.

1. Saham MTDL (Metrodata Electronics)

saham MTDL

Yang pertama ada saham MTDL (Metrodata Electronics). Perusahaan ini sudah listing sejak tahun 1990 di Bursa Efek Indonesia. Dengan demikian, kiprah nya pun sudah cukup lama. Di antara sekian perusahaan teknologi di BEI, MTDL termasuk salah satu yang punya kinerja bagus. Hal ini terlihat dari kenaikan revenue dan net profit yang terus terjadi. Jika kita lihat data dalam 10 tahun terakhir (sejak 2010 – 2019), terlihat pertumbuhan bisnis yang baik dari Metrodata.

Meskipun net profit margin MTDL cukup tipis, namun bisnis mereka bertumbuh dengan baik. Terlihat dari growth yang diciptakan oleh perusahaan ini. Selengkapnya tentang analisis fundamental MTDL dapat Anda simak di video tadi.

MTDL ini punya service dalam berbagai bidang, di antaranya:

  • Solusi di bidang layanan cloud,
  • Solusi di bidang big data,
  • Solusi di bidang keamanan,
  • Digital Business Platform,
  • dan berbagai solusi lainnya. Selengkapnya bisa Anda cek langsung di website perusahaan.

Beberapa produk IT unggulan pun juga tersedia dalam layanan MTDL. Sebut saja produk-produk populer seperti: Amazon Web Services, Google Cloud Platform, Oracle, dan lainnya.

2. Saham ASGR (Astra Graphia)

saham ASGR

Anak usaha Astra Internasional ini merupakan salah satu perusahaan teknologi yang ada di Indonesia. Bidang layanan dan produk ASGR ini ada pada bidang:

  • Solusi lengkap layanan digital (melalui PT Astra Graphia Information Technology).
  • Solusi terkait office services (Office Equipment, Office Supplies, Document Outsourcing dan Distribution) melalui PT Astragraphia Xprins Indonesia).

Secara umum, fundamental ASGR terbilang cukup baik. Sebab perusahaan masih bisa mencatatkan profit yang konsisten. Hanya saja memang, ada penurunan aspek fundamental sejak 2017. Hal ini terlihat dari penurunan beberapa metriks fundamental seperti:

  • Gross margin,
  • Operating margin,
  • Net profit margin,
  • ROE,
  • ROA,

Kendati demikian, saham ini tetap menarik untuk dipertimbangkan. Khususnya jika Anda ingin mengeksplor lebih jauh. Lebih detail tentang fundamental ASGR sudah dibahas di video tadi.

3. Saham MLPT (Multipolar Technology)

saham MLPT

Multipolar Technology termasuk salah satu perusahaan teknologi yang ada di BEI. Menghadirkan solusi dan layanan yang mirip seperti MTDL. Dalam beberapa tahun terakhir MLPT juga mencatatkan kinerja yang cukup baik. Terlihat dari pertumbuhan net profit yang masih terus terjadi. Selain itu, saham MLPT juga punya dividend payout ratio yang cukup menarik.

Lebih detail tentang ulasan saham MLPT dapat Anda simak di video yang sudah Kanala ID bagikan.

Baca juga: 10 Saham Dividen Interim Terbaik Untuk Investasi Jangka Panjang.

4. Saham LINK (Link Net)

saham LINK

Sebenarnya ini bukanlah perusahaan yang masuk dalam sektor teknologi BEI. Namun Kanala ID tetap memasukkan saham LINK karena perusahaan ini juga berkaitan erat dengan sektor teknologi. Walaupun ranah bisnisnya lebih pada aspek telekomunikasi. Link Net punya beberapa unit bisnis, di antaranya:

  • Internet broadband,
  • TV kabel,
  • Solusi korporasi,
  • dan TV anywhere.

Sejak 2014 – 2019, LINK sukses mencatatkan pertumbuhan net profit yang bagus. Laba nya pun naik terus dari tahun ke tahun. Ekuitasnya pun terus bertumbuh. Karena faktor kinerja yang bagus inilah, Kanala ID mereferensikan saham LINK di artikel ini. Lebih detail tentang fundamental LINK dapat Anda simak di video tadi.

5. Saham TLKM (Telkom Indonesia)

saham TLKM

Selanjutnya ada saham TLKM (Telkom Indonesia). Sama seperti LINK, saham ini bukanlah saham yang masuk indeks teknologi. Namun Kanala ID tetap mempertimbangkan TLKM sebagai saham yang cocok jika Anda ingin mengoleksi saham teknologi. Sebab perkembangan teknologi pasti tidak akan lepas dari bidang internet dan telekomunikasi. Ketika kita bicara sektor telekomunikasi, maka TLKM adalah penguasa pasar. Khususnya melalui anak usahanya, Telkomsel.

Secara fundamental, TLKM termasuk baik. Hal ini terlihat dari revenue dan net profit yang masih terus bertumbuh. Bahkan di tahun buku 2020, TLKM diperkirakan masih bisa mencatatkan kenaikan profit. Tentunya ini bagus. Selain itu, saham ini juga punya dividend yield yang cukup menarik.

Lebih detail tentang saham TLKM sudah pernah Kanala ID bahas di video berikut.

Dari pilihan-pilihan saham tadi, mana yang menarik minat Anda? Semoga bermanfaat dan happy investing!

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here