Memasuki kuartal ke-4, salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh para investor adalah momen bagi dividen interim. Apa itu dividen interim? Apa manfaatnya bagi investor? Bagaimana cara mendapatkan dividen tersebut? Mari kita bahas di artikel ini.

Kali ini Kanala akan membahas seputar:

  • Apa itu dividen interim,
  • Peluang meraup cuan (keuntungan) dari saham-saham dividen interim,
  • Pilihan dan referensi 10 saham terbaik yang rutin bagi dividen interim.

Singkatnya, pembahasan kita kali ini cocok banget untuk investor yang ingin meraih passive income dari dividen.

Apa Itu Dividen Interim? 

Dividen interim adalah dividen yang ditentukan dan dibayarkan sebelum laba bersih tahunan ditetapkan. Contohnya begini. Pada tahun 2020, tahun buku belum berakhir, namun perusahaan sudah menentukan dan memutuskan untuk membagikan dividen sementara. Nah hal itulah yang dinamakan dengan dividen interim.

Salah satu perusahaan yang rutin membagikan dividen interim tiap tahun adalah Bank BCA. Berikut histori dividen BBCA dalam beberapa tahun terakhir.

histori dividen BBCA
Data histori dividen BBCA dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tabel di atas terlihat bahwa BCA biasanya juga membagikan dividen di kuartal ke-4 tiap tahun. Nah itulah dividen interim yang dibayarkan oleh BBCA.

Untuk Anda yang membutuhkan edukasi menyeluruh dan pendampingan dalam investasi saham, yuk ikuti: program private mentoring investasi saham Kanala ID.

Mengapa Dividen Interim Ini Penting?

Bagi seorang investor, dividen interim dapat menjadi tambahan sumber passive income. Selain itu perusahaan yang rutin dan mampu membayarkan dividen interim biasanya adalah perusahaan bagus dengan kondisi keuangan yang baik. Dengan demikian, kalau perusahaan yang kita pegang itu rajin bagi dividen, hal ini menandakan kualitas perusahaan benar-benar bagus dan peduli pada pemegang saham.

Khususnya pada tahun 2020 ini. Ketika terjadi pandemi Covid-19 dan kondisi ekonomi yang sulit, perusahaan yang masih sanggup bagi dividen interim termasuk perusahaan yang tangguh. Bahkan saat kondisi ekonomi sulit pun mereka masih mampu membagikan dividen.

Selain itu, perusahaan yang punya kebijakan dividen interim biasanya juga membayarkan dividen dalam jumlah besar. Umumnya perusahaan-perusahaan ini cukup royal dalam membagi dividen. Jadi, kalau Anda tipe investor yang sangat mengandalkan dividen, Anda pasti suka dengan perusahaan yang rutin bagi dividen interim.

10 Saham Terbaik yang Rutin Bagi Dividen Interim

Inilah daftar 10 saham/perusahaan yang rutin bagi dividen interim. Plus perusahaan-perusahaan ini juga punya fundamental yang baik. Jadi cocok untuk dipertimbangkan dan dikoleksi untuk investasi jangka panjang. Selengkapnya silakan tonton video berikut ini. Kanala sudah bahas secara detail dan lengkap di video ini.

1. Sido Muncul (SIDO)

Anda pasti sudah familiar dengan perusahaan ini. Sido Muncul adalah perusahaan jamu dan farmasi yang punya sejumlah merek terkenal. Sebut saja seperti: Tolak Angin, Kuku Bima Ener-G, Tolak Linu, dan banyak lagi. Saat artikel ini ditulis, SIDO masih tergolong sebagai perusahaan second liner. Namun dengan pertumbuhannya yang pesat, Kanala cukup yakin suatu saat perusahaan ini akan masuk jajaran bluechip. Yang artinya ada peluang capital gain besar ketika Anda berinvestasi di saham ini.

Untuk tahun 2020, SIDO sudah memutuskan akan bagi dividen interim sebesar 12,5 Rupiah per lembar. Cum dividennya pada tanggal 2 November 2020 (untuk pasar reguler). Analisis fundamental lengkap dan detail seputar SIDO dapat Anda simak di video berikut.

2. Bank BCA (BBCA)

Jawara pasar saham Indonesia ini juga rutin bagi dividen. Bahkan di antara bank buku IV lain, BBCA satu-satunya yang rutin bagi dividen interim. Ketika kondisi ekonomi sulit di tahun 2020, BBCA masih tetap keluar sebagai pemenang. Walaupun labanya turun, namun hingga kuartal 3 2020, BBCA masih mampu mencatatkan profit sebesar 20 triliun Rupiah. Unggul dibanding bank-bank buku IV lain.

Bagi Anda yang berminat koleksi saham BBCA, momen jelang akhir tahun ini dapat menjadi pintu masuk yang menarik. Sebab mereka biasanya juga akan bagi dividen interim.

Untuk Anda yang ingin lihat analisis detail saham BBCA, silakan baca artikel ini: 5 Saham Bank Terbaik Untuk Investasi Jangka Panjang

3. Unilever Indonesia (UNVR)

Salah satu perusahaan consumer goods terbesar di Indonesia adalah Unilever Indoensia. Tak hanya punya fundamental yang cemerlang, UNVR juga rutin bagi dividen interim. UNVR juga dikenal sebagai emiten yang royal dalam bagi dividen. Sebab dividend payout ratio UNVR juga besar. Biasanya UNVR membagi dividen interim pada bulan Desember.

Kekurangan dari saham UNVR adalah valuasi yang sudah sangat mahal. Untuk lihat analisis lengkap saham UNVR silakan simak video berikut.

4. Astra Internasional (ASII)

Perusahaan keempat yang rutin bagi dividen interim adalah Astra Internasional (ASII). Ini adalah grup konglomerasi yang punya banyak lini bisnis. Dari mulai otomotif, jasa keuangan, teknologi informasi, pertambangan, konstruksi, dan banyak lagi. Sebagai salah satu saham bluechip unggulan di Indonesia, ASII juga cocok dipertimbangkan untuk investasi jangka panjang. Ditambah lagi mereka juga rutin dan konsisten membagi dividen tiap tahun.

Untuk tahun 2020, ASII sudah membagikan dividen interim pada Oktober 2020 lalu. Kendati demikian, Anda tetap bisa berpeluang mendapatkan dividen Astra pada tahun 2021 mendatang. Baik itu momen dividen tahunan (final) ataupun dividen interim di tahun depan.

Untuk saham Astra Internasional sebelumnya sudah pernah Kanala bahas di aritkel ini: 7 Saham Terbaik Nabung Saham Modal 1 Jutaan + Strateginya

5. Mitrabara Adiperdana (MBAP)

Untuk Anda yang gemar dengan saham-saham batubara, emiten ini juga bisa dipertimbangkan. Namanya Mitrabara Adiperdana (MBAP). Termasuk salah satu saham batu bara dengan fundamental yang baik dan bagus. Emiten ini juga rutin dan royal dalam membagi dividen.

MBAP sudah membagikan dividen interim pada Agustus 2020 lalu. Nilainya pun cukup besar, yakni: 357 Rupiah per lembar saham. Padahal, ketika itu harga saham MBAP hanya sekitar 1600-2000’an. MBAP termasuk salah satu saham dengan dividen yield yang tinggi di Indonesia.

6. Adaro Energy (ADRO)

Perusahaan batu bara lain yang juga rutin bagi dividen interim adalah Adaro Energy (ADRO). Termasuk salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. ADRO biasanya membagikan dividen interim pada bulan Desember ataupun Januari (tahun depannya). ADRO pun termasuk perusahaan dengan yield dividen yang tinggi. Analisis saham ADRO dan saham batu bara terbaik lainnya dapat Anda simak di video berikut.

7. Indo Tambang Raya Megah (ITMG)

Emiten batu bara lain yang juga royal dalam hal dividen adalah Indo Tambang Raya Megah (ITMG). Perusahaan ini biasanya membagikan dividen interim pada bulan Oktober. Untuk tahun 2020, dividen interim sudah ditentukan dan dibayarkan pada bulan November 2020. Berikut rincian jadwal dividen ITMG.

  • Cum date (pasar reguler and negosiasi) : 9 November 2020.
  • Cum date pasar tunai : 11 November 2020.
  • Tanggal pembayaran dividen : 24 November 2020.

8. Surya Citra Media (SCMA)

Emiten lainnya adalah Surya Citra Media (SCMA). Ini adalah induk usaha dari Indosiar dan SCTV. SMCA termasuk salah satu perusahaan media besar dan terkemuka di Indonesia. Bagi Anda yang berminat dengan sektor media, saham ini layak untuk dipertimbangkan. Mereka juga punya kebijakan dividen interim. Analisis seputar saham SMCA sudah kita bahas di video di atas.

9. United Tractors (UNTR)

Nah kalau yang ini juga masih berkaitan dengan Astra Internasional. Sebab UNTR adalah anak usaha dari ASII. UNTR sendiri punya beberapa lini bisnis, yakni: constructions machinery, kontraktor pertambangan, dan tambang. United Tractors dikenal sebagai distributor alat berat dan kendaraan dengan merek-merek: Komatsu, Scania, BOMAG, UD Trucks, dan Tadano.

Untuk tahun 2020, UNTR sudah membagikan dividen interim pada bulan Oktober 2020. Tanggal pembayaran dividennya pada 20 Oktober 2020.

10. Darya-Varia Laboratoria (DVLA)

Emiten ke-10 yang juga rutin bagi dividen interim adalah Darya-Varia Laboratoria. Ini perusahaan yang bergerak di bidang consumers, khusunya di bidang farmasi. Termasuk salah satu perusahaan farmasi dengan kinerja fundakental yang baik. Tak hanya itu, saham DVLA sendiri termasuk saham consumer yang murah. Analisis detail saham DVLA sudah pernah Kanala bahas di video berikut.

Meraih Untung dari Dividen Interim

Pada dasarnya, dividen interim dapat menjadi cara mencari cuan yang mudah. Kenapa Kanala sebut mudah? Sebab kita tidak perlu repot-repot trading. Cukup beli saham dan duduk diam, maka langsung terima dividen. Apalagi jika Anda membeli sahamnya sebelum momen bagi dividen interim.

Jika target Anda adalah investasi jangka panjang, momen dividen interim ini bisa Anda manfaatkan untuk membeli saham. Untuk menambah kepemilikan saham. Sebab ketika Anda beli sebelum cum date, Anda akan langsung berhak atas dividen yang dibayarkan.

Nah itulah list 10 saham dividen interim terbaik (menurut Kanala ID). Saham-saham tadi layak dan menarik untuk investasi jangka panjang.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here