Ada banyak sektor saham di Bursa Efek Indonesia. Salah satunya adalah sektor consumer (consumer goods). Nah untuk Anda yang butuh rekomendasi, berikut Kanala ID akan bahas saham-saham barang konsumsi yang menarik untuk dikoleksi. Tak hanya itu, daftar saham ini akan membantu Anda meraih untung di pasar modal.

Lantas, apa saja saham-saham tersebut? Sebentar lagi kita bahas.

Salah satu keunggulan saham sektor consumer goods adalah prospek perusahaan yang terus bertumbuh dalam jangka panjang. Selain itu, dari segi model bisnis pun, perusahaan di bidang consumer relatif lebih stabil. Misalkan seperti yang terjadi saat pandemi covid di 2020. Mengacu pada laporan keuangan kuartal 1 2020 sejumlah emiten consumer, beberapa masih mencatatkan pertumbuhan. Bahkan mencetak kinerja memuaskan.

Untuk itu, saham consumer tentu cocok untuk Anda yang memang berminat investasi saham jangka panjang.

5 Saham Consumer Goods yang Bagus dan Menarik

Ada banyak perusahaan consumer goods di Bursa Efek Indonesia. Namun Kanala ID akan memilih 5 yang paling menarik dan punya prospek cerah ke depannya. Tak hanya itu, Kanala ID juga sudah siapkan video analisis yang akan membantu Anda memilih saham.

1. SIDO (Sido Muncul)

Sido Muncul termasuk salah satu emiten dengan kinerja yang memuaskan dan punya prospek cerah. Anda pasti sudah tidak asing dengan produk-produk Sido Muncul, seperti: Kuku Bima Ener-G, Tolak Angin, Tolak Linu, dan banyak lagi. (Baca juga: Analisa Fundamental dan Value Investing SIDO.)

Selain punya kinerja yang bagus, harga saham Sido juga cukup terjangkau. Dengan modal sekitar 100 ribuan, Anda sudah mulai bisa membeli saham ini. Tentu sangat menarik untuk yang baru terjun ke pasar modal. Nah, video analisa lengkap saham SIDO dapat Anda simak di video berikut.

2. HMSP (Hanjaya Mandala Sampoerna)

Untuk perusahaan yang satu ini Anda pasti sudah familiar. Sampoerna adalah salah satu produsen rokok terbesar dan terkemuka di Indonesia. Produk-produknya pun dengan mudah kita jumpai di berbagai tempat. Tahukah Anda kalau saham HMSP termasuk saham consumer yang menarik dan punya valuasi yang cukup murah.

Tentu saja, setiap investor punya strategi yang berbeda-beda dalam menentukan valuasi saham. Nah Kanala ID sudah pernah bahas analisa lengkap dan cara cuan dari HMSP di video berikut ini. Silakan tonton ya.

Video tadi membahas tentang kinerja fundamental HMSP, valuasi saham HMSP, hingga tentunya cara meraih untung dari saham produsen rokok ini.

3. EKAD (Ekadharma Internasional)

Nah kalau yang satu ini mungkin belum sepopuler Sampoerna atau Sido Muncul tadi. Ekadharma Internasional (EKAD) adalah produsen lakban dengan merek Daimaru. Walaupun market cap EKAD tergolong masih kecil (hanya sekitar 700-an milyar), namun EKAD punya kinerja yang cukup bagus dan menarik.

Bahkan saham ini masih bisa disebut undervalue, sebab bisa kita beli dengan harga di bawah nilai bukunya. Harga per lembar saham EKAD pun masih di kisaran 1000 Rupiah. Jadi untuk beli 1 lot EKAD, Anda cukup merogoh kocek 100 ribuan.

Nah untuk saham EKAD sudah pernah Kanala ID bahas dalam video berikut ini: 5 Saham Bagus Harga Terjangkau, Cuma 100 Ribuan.

4 dan 5: Saham ULTJ dan ICBP

Berikutnya ada emiten bernama Ultra Jaya (ULTJ). Anda pasti sudah sangat familiar dengan produk-produk Ultra Jaya. Atau bahkan Anda salah satu konsumennya? Produk ULTJ yang paling populer adalah susu Ultra. Selain itu, produk Teh Kotak dari ULTJ pun juga digemari masyarakat.

Valuasi saham ULTJ pun juga menarik jika kita bandingkan dengan emiten lain yang bergerak di sektor barang konsumsi.

Tak hanya ULTJ, emiten lain yang tak boleh ketinggalan adalah Indofood CBP. Kalau yang satu ini sudah jelas lah ya. Produk-produknya pasti sudah Anda konsumsi sehari-hari. Contoh produk ICBP misalnya: Indomie, Popmie, susu Indomilk, dan banyak lagi.

Jika tertarik membeli dua saham ini, Anda bisa pelajari dulu analisa fundamental saham ULTJ dan ICBP di video berikut ini.

Nah itulah beberapa saham consumer goods yang punya prospek cerah dan menarik untuk dikoleksi. Kanala ID membahas saham-saham tadi karena mereka punya kinerja fundamental yang bagus. Tak hanya itu, valuasi mereka pun terbilang masih cukup menarik. Walaupun untuk beberapa saham memang ada yang sudah agak mahal. Tapi bisa saja di waktu yang akan datang kita malah bisa membeli saham-saham bagus tadi dengan harga yang lebih terdiskon.

Alhasil saham-saham tadi dapat kita pilih untuk kegiatan investasi saham jangka panjang.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here