Artikel ini membahas prospek dan analisa fundamental untuk saham EKAD (Ekadharma Internasional). Untuk Anda yang sedang riset saham ini, mari simak pembahasan di artikel ini.

Salah satu emiten yang menarik di Bursa Efek Indonesia adalah Ekadharma Internasional. Sejak Maret hingga Juli 2020, saham ini sudah naik sekitar 100%. Apakah saham ini menyimpan potensi multibagger stocks? Bagaimana prospeknya?

Ini dia pembahasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Ekadharma Internasional

Ekadharma Internasional adalah perusahaan yang memproduksi pita perekat. Sudah listing di bursa efek sejak tahun 1990. Salah satu produk terkenal dari EKAD adalah lakban dengan merek Daimaru. Perusahaan ini punya beberapa merek produk, seperti: Daimaru, Superfix, Ekatape, dan Bestpack. Info lengkap seputar profil usaha dapat Anda lihat di website resmi perusahaan di laman: Ekadharma.com.

Kanala ID - website EKAD

Video: Analisa Fundamental dan Value Investing Saham EKAD

Berikut video analisa sahamnya. Di video ini Kanala ID sudah membahas hal-hal berikut:

  • Fundamental EKAD,
  • Valuasi saham EKAD,
  • Potensi multibagger dari saham ini,
  • Plus cara meraih untung dari saham EKAD.

Langsung saja tonton videonya.

Bagaimana Prospek Saham EKAD?

Jika ditanya tentang prospek, maka faktor yang akan Kanala ID analisis adalah kinerja perusahaan dan prospek pertumbuhan. Inilah beberapa hal terkait prospek EKAD.

1. Kinerja yang Cukup Cemerlang

Jika kita lihat data kinerja dari tahun 2010 – 2019 (10 tahun terakhir), terlihat revenue dan net profit berada dalam tren yang bertumbuh. Di tahun 2010, revenuenya masih ada di angka 250 milyaran. Sementara pada tahun 2019 sudah mencapai angka lebih dari 758 milyar Rupiah. Ada pertumbuhan yang lumayan. Tentunya ini juga diikuti oleh kenaikan net profit perusahaan.

Kanala ID - revenue dan net profit EKAD 2010 - 2019
Revenue dan net profit EKAD 2010 – 2019.

Walaupun harus kita akui, nilai penjualan tersebut masih kecil jika kita bandingkan dengan emiten-emiten lain, macam Sampoerna, Unilever, Indofood, Sido Muncul, dan lainnya. Secara kinerja bisnis, kinerja EKAD cukup lumayan.

2. Rasio Profitabilitas Lumayan (Tapi Masih Perlu Ditingkatkan)

Dari sisi rasio profitabilitas, kinerja Ekadharma juga cukup oke. Terlihat bahwa mereka mampu menjaga rasio net profit di sekitar 9%-an. Tentu saja rasio ini masih perlu ditingkatkan. Namun ini sudah menjadi awal yang cukup baik.

Kanala ID - net profit margin EKAD
EKAD menjaga net profit margin mereka di kisaran 9%-an dalam beberapa tahun terakhir. Mudah-mudahan terus meningkat ke depannya.

3. Valuasi Sudah Wajar

Secara valuasi, Kanala ID menilai bahwa valuasi saham EKAD sudah cukup wajar. Yakni jika dilihat dari PER (Price Earning Ratio) ataupun PBV (Price Book Value Ratio). Untuk PER, ada di angka sekitar 11 (jika memakai harga tanggal 6 Agustus 2020).

Kanala ID - PER saham EKAD
Valuasi saham EKAD, PER: 11 kali. Sudah berada di nilai wajar (menurut Kanala ID).

Sementara itu, dari sisi PBV ada di angka 1. Artinya harga saham EKAD sudah sama dengan nilai bukunya. Ini menandakan bahwa sudah masuk ke nilai wajar.

Kanala ID - valuasi EKAD
Harga saham EKAD sudah sama dengan nilai bukunya. PBV 1.

Kendati demikian, valuasi ini akan jadi menarik/jadi murah lagi jika di tahun 2020 dan tahun-tahun mendatang Ekadharma mampu mencatatkan pertumbuhan laba bersih. Mudah-mudahan saja kinerjanya semakin bagus ke depannya. Sebab ketika EPS bertumbuh, lalu ekuitas bertambah, maka nilai buku saham EKAD pun akan meningkat.

Dari sisi nominal harga saham Ekadharma ini juga relatif terjangkau. Dengan harga per lembar sekitar 1200-an, kita cukup membayar 120 ribuan untuk membeli 1 lot sahamnya. Cukup murah, kan?

Oleh karena itu Kanala ID juga pernah memasukkan EKAD dalam daftar 5 saham bagus harga murah, cuma 100 ribuan. Anda bisa simak video lengkapnya berikut ini.

Nah pembaca, itulah ulasan mengenai saham Ekadharma Internasional. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here