Beberapa waktu yang lalu, Kanala ID mendapatkan pertanyaan di YouTube. Pertanyaannya sebagai berikut.

kanala id - prospek saham UNVR
Pertanyaan dari penonton video Kanala ID, kapan UNVR kembali ke 10.000?

Beliau bertanya, kapan harga saham UNVR akan ke 10.000? Lantas, kapan hal tersebut akan terjadi? Apakah saham Unilever masih layak untuk kita koleksi? Temukan pembahasan lengkpanya di artikel berikut.

Analisa Fundamental Saham UNVR dan Consumer Lain

Berikut video analisa fundamental UNVR. Di video ini Kanala ID sudah membahas seputar: analisa saham, valuasi sahamnya, dan prospek sahamnya. Tak hanya itu, Kanala ID juga bahas emiten consumer goods lain yang juga bagus.

Berdasarkan analisa di atas, maka kita bisa menarik kesimpulan berikut.

Fundamental Saham UNVR: Bagus dan Cemerlang

Unilever Indonesia merupakan perusahaan dengan kinerja yang bagus. Hal ini terlihat dari peningkatan revenue dan net profit yang terus terjadi selama ini. Sejak 2010 hingga 2019, UNVR mencatatkan kinerja yang bagus.

kanala id - revenue dan net profit UNVR 10 tahun
Grafik revenue dan net profit Unilever Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Tak hanya itu, kalau kita lihat dari rasio profitabilitas, emiten ini juga membukukan kinerja yang ciamik. Ini terlihat dari gross margin dan net profit margin Unilever Indonesia. Perusahaan yang punya gross margin dan net profit margin yang tinggi adalah perusahaan yang efisien dan pintar mencetak laba.

rasio profitabilitas UNVR
Rasio profitabilitas Unilever Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Profitnya bagus.

Selain itu, kita semua tahu bahwa lini produk UNVR sangat luas. Dari mulai makanan, minuman, barang-barang rumah tangga, dan banyak lagi. Lihat saja koleksi merek yang dipegang oleh UNVR, kita akan menjumpai segudang merek terkenal seperti: Lifebuoy, Sunlight, Wall’s, Clear, dan banyak lagi. Dengan luasnya lini produk ini, produk-produk Unilever senantiasa akan selalu dibutuhkan masyrakat ke depannya.

Mau belajar analisa fundamental dengan lengkap dan menyeluruh? Ikuti program mentoring investasi saham dari Kanala ID

Valuasi Saham UNVR: Mahal Banget

Secara fundamental, UNVR sangat bagus. Sayangnya hal ini diikuti dengan mahalnya valuasi saham Unilever. Jika kita memakai metode valuasi Price Earning Ratio (PER), kita akan menjumpai PER setara 41-42 kali (jika memakai harga per tanggal 20 Juli 2020). Harga ini tergolong mahal, khususnya jika kita bandingkan dengan PER emiten consumer goods lain.

Tak hanya itu, kalau kita pakai metode valuasi PBV ratio, maka kita akan menjumpai angka 42,99. Artinya saham ini diperdagangkan dengan harga 42-43 kali lipat dari harga bukunya. Tentu valuasi yang amat mahal.

kanala id - valuasi saham UNVR

Prospek Saham UNVR: Kapan Bisa Naik Lagi?

Jika kita perhatikan, dalam 5 tahun terakhir saham Unilever tampak seperti jalan di tempat. Perhatikan grafik berikut.

kanala id - grafik harga UNVR 5 tahun terakhir
Grafik harga saham Unilever dalam 5 tahun terakhir.

Lantas, seperti apa prospeknya?

Kanala ID berpendapat bahwa harga saham emiten ini tidak akan kemana-mana dalam waktu yang cukup lama. Mungkin dalam hitungan beberapa tahun ke depan. Kenapa? Sebab valuasi saham ini sudah sangat tinggi/mahal. Di sisi lain, pertumbuhan laba Unilever juga belum memuaskan. Laju pertumbuhan labanya sudah agak lambat. Alhasil, investor institusi ataupun investor lainnya kemungkinan akan menunda berinvestasi di UNVR. Yang pada akhirnya dapat menurunkan demand terhadap saham ini.

kanala id - revenue dan net profit growth UNVR
Terlihat, sejak 2015 – 2019 laju pertumbuhan revenue dan net profit Unilever Indonesia mulai melambat.

Untuk hal tersebut, Kanala ID menyusun dua skenario terkait saham UNVR.

Skenario 1: Laba Bersih Makin Bertumbuh dan Lebih Cepat Meningkat

Ini adalah skenario yang kita harapkan bersama. Kita berharap bahwa Unilever Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan laba yang semakin gemilang. Dalam arti, laba bersih terus meningkat dan kalau bisa tingkat kenaikan labanya tinggi (misal: dua digit, seperti: 10%, 12%, dst) per tahun. Jika skenario ini terjadi, maka pada akhirnya EPS UNVR akan semakin besar dan terus meningkat.

Ketika hal tersebut terjadi, maka market pasti akan mengapresiasi saham ini dengan lebih baik lagi. Yang pada akhirnya akan berdampak pada kenaikan harga sahamnya. Dengan demikian, investor yang baru masuk di valuasi PER di atas 30-an bisa meraih capital gain yang memuaskan.

Tentu ini harapan kita bersama.

Skenario 2: Laba Bersih Tumbuh Lambat/Flat dan Market Mengoreksi Harga Sahamnya

Jika skenario ini terjadi, maka kemungkinannya dua:

  • Harga saham akan tetap di situ-situ saja/flat.
  • Harga saham akan terkoreksi dalam.

Dengan valuasi PER yang sudah sangat tinggi (40 kali lipat), Kanala ID tidak memungkiri bisa saja terjadi koreksi yang besar di market.

Jika ini terjadi, bukan tidak mungkin harga saham UNVR akan diperdagangkan pada valuasi yang lebih wajar. Misalkan, pada valuasi PER 25-30 kali. Jika hal tersebut terjadi, maka dengan asumsi EPS masih seperti tahun 2019 (EPS: 194), maka harga sahamnya bisa menjadi: 194 x 30 5820. Jika dilihat harga per 20 Juli 2020, maka ada potensi penurunan hingga: 2500-3000 per lembar. Artinya, penurunan sekitar 30-an% dari harga hari ini.

Kanala ID baru mempertimbangkan untuk mengoleksi UNVR pada harga yang lebih majar. Yakni pada valuasi PER 20-25. Itu artinya, Kanala ID menunggu sahamnya pada harga sekitar 3800-5000’an.

Apakah bisa dapat di harga itu? Kita tidak tahu. Namun kalaupun tidak dapat, Kanala ID masih bisa mengalokasikan dana pada saham consumer goods bagus lain, seperti pada saham SIDO ataupun ULTJ. Jika tertarik, Anda bisa lihat pembahasan soal saham ULTJ dan SIDO di artikel berikut:

Itulah ulasan lengkap mengenai saham Unilever Indonesia. Pada intinya, emiten ini adalah emiten yang bagus dan menarik. Sayangnya valuasi sahamnya kemahalan. Dengan demikian, potensi kenaikan harga sahamnya mungkin akan lebih terbatas. Terutama jika tidak diimbangi dengan pertumbuhan laba bersih yang semakin cepat dan besar.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here