Salah satu kegiatan sebagai investor saham adalah ikut RUPS.

RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) adalah suatu event ketika para pemegang saham berkumpul, lalu membuat keputusan terkait perusahaan/aksi korporasi. Lantas, apa itu RUPS? Bagaimana cara ikut RUPS? Mengapa kita perlu ikut RUPS? Kali ini Kanala ID akan membahasnya untuk Anda.

Langsung saja, inilah pembahasan seputar: apa, mengapa, dan bagaimana cara ikut RUPS.

Video: Apa Itu RUPS? Bagaimana Cara Ikut RUPS?

Silakan tonton video ini. Di video ini Kanala ID sudah membahas panduan untuk ikut RUPS.

Apa Itu RUPS?

RUPS adalah singkatan dari Rapat Umum Pemegang Saham. Sesuai dengan namanya, dalam RUPS, para pemegang saham akan berkumpul lalu membuat keputusan. Contoh keputusan yang dibuat misalnya:

  • keputusan pengangkatan atau pemberhentian direksi perusahaan/pengurus perusahaan,
  • keputusan seputar penggunaan laba perusahaan,
  • ataupun keputusan terkait aksi korporasi lainnya.

Nah untuk perusahaan publik, RUPS ini wajib dilakukan paling tidak satu tahun sekali. Di dalam RUPS tersebut, para pemegang saham akan berkumpul.

Mengapa Perlu Ikut RUPS?

Untuk investor saham, RUPS ini penting untuk diikuti. Mengapa?

  • Melalui RUPS kita bisa tahu dan mengenal jajaran pengurus perusahaan yang sahamnya kita miliki. Misalkan Anda memegang saham Bank BRI, lalu Anda datang ke RUPS Bank BRI. Nah nantinya Anda bisa melihat langsung jajaran direksi dan komisaris Bank BRI. Dari sana Anda bisa lebih mengenal mereka. Ini penting agar kita tahu orang-orang yang mengelola perusahaan yang kita miliki.
  • Melalui RUPS, Anda bisa ikut membuat keputusan terkait perusahaan Anda. Walaupun jumlah saham Anda kecil, Anda akan tetap diundang ikut RUPS. Anda juga tetap bisa memberikan suara/keputusan dalam RUPS. Walaupun tentu saja: semakin besar jumlah saham maka makin besar pula kuasa yang Anda miliki. Tapi paling tidak Anda akan tetap terlibat dalam pengambilan keputusan.
  • Melalui RUPS Anda juga bisa bertanya langsung pada manajemen. Jadi kalau Anda punya pertanyaan seputar kinerja perusahaan, ingin tahu rencana perusahaan, atau ada sesuatu yang hendak disampaikan, Anda bisa sampaikan langsung secara terbuka saat RUPS. Tentu kesempatan ini bagus untuk dimanfaatkan.

Bagaimana Cara Datang/Ikut RUPS? 

Contoh undangan RUPS Bank BRI tahun 2020.

Untuk bisa mengikuti RUPS, maka inilah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Pastikan Anda tercatat sebagai pemegang saham. Pastikan Anda sudah membeli saham perusahaan tersebut. Lalu Anda tercatat sebagai pemegang saham sampai tanggal cut off pencatatan pemegang saham. Intinya, Anda harus memegang saham perusahaan tersebut agar bisa ikut RUPS. Walaupun Anda hanya punya 1 lot (100 lembar) saham, Anda akan tetap diundang kok.
  2. Nantinya, perusahaan sekuritas akan mengirimkan email berisi undangan RUPS pada Anda. Misalkan Anda merupakan pemegang saham Unilever, maka nantinya saat UNVR akan mengadakan RUPS, mereka akan mengumumkan event tersebut ke publik. Plus perusahaan sekuritas juga akan mengirimkan pemberitahuan/undangan RUPS untuk Anda.
  3. Setelah Anda dapat undangan RUPS, maka Anda bisa minta KTUR (Konfirmasi Tertulis Undangan Rapat). KTUR ini bisa Anda minta langsung ke perusahaan sekuritas Anda. KTUR ini wajib Anda bawa saat datang ke RUPS.
  4. Pada hari H RUPS, datanglah, bawa KTUR dan KTP Anda. Saat hari H RUPS, maka Anda tinggal datang ke lokasi RUPS. Saat itu, pastikan Anda membawa fotokopi KTP, KTP, dan KTUR yang sudah Anda dapatkan.
  5. Di tempat RUPS, Anda lakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasinya hanya sebentar kok, hanya hitungan menit. Setelah registrasi, Anda bisa langsung masuk ke ruangan RUPS dan Anda bisa ikuti RUPS tersebut. Anda tinggal mengikuti jalannya RUPS.

Nah pembaca, itulah langkah-langkah ikut RUPS. Mudah, kan?

Yuk datang ke RUPS dan maksimalkan kesempatan Anda sebagai seorang investor saham.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here