Lebaran telah tiba.

Sebagian dari kita pun ada yang mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya). Lantas, bagaimana cara memanfaatkan THR lebaran demi keuangan yang lebih baik? Seperti apa tips mengelola THR? Tenang, mari kita bahas.

Kali ini Kanala ID akan membahas 5 cara bijak memanfaatkan THR lebaran. Yuk terapkan tips dan cara mengelola THR berikut ini. Tujuannya agar keuangan Anda semakin baik lagi.

Inilah 5 cara bijak memanfaatkan THR untuk Anda.

1. Gunakan Untuk Melunasi Utang

Prioritas terpenting dalem pengelolaan keuangan adalah melunasi utang. Kenapa? Sebab utang biasanya akan berbunga. Yang mana bunga tersebut dapat membebani keuangan Anda. Untuk itu, prioritas utama ketika Anda punya utang adalah melunasi utang tersebut. Kecuali Anda memang memiliki utang yang sifatnya produktif.

Namun jika utangnya untuk keperluan konsumtif, maka lebih bijak jika Anda membereskan utang tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa sisihkan sebagian THR Anda untuk melunasi utang-utang. Khususnya utang yang mendesak.

2. Gunakan Untuk Menyiapkan Dana Darurat

Setelah utang lunas atau tidak lagi menjadi masalah, maka Anda bisa sisihkan juga THR Anda untuk dana darurat. Dana darurat adalah dana cadangan yang siap dipakai sewaktu-waktu untuk kejadian darurat. Misalkan sewaktu-waktu mobil Anda rusak, rumah Anda butuh renovasi (tanpa direncanakan), atau ada kebutuhan mendesak tidak terduga, maka Anda bisa gunakan dana darurat. Dengan adanya dana darurat, keuangan Anda tidak akan terganggu.

mentoring investasi saham

Oleh karena itu, Anda perlu siapkan dana darurat. Berapa idealnya dana darurat? Tentu setiap orang punya kebutuhan dana darurat yang berbeda. Biasanya, kebanyakan penasihat keuangan/perencana keuangan menyarankan agar Anda punya dana darurat 3-6 bulan dari pengeluaran bulanan.

Jadi jika pengeluaran bulanan Anda adalah 5 juta Rupiah, akan baik jika Anda punya dana darurat 15 – 30 juta Rupiah.

Dana darurat dapat Anda simpan dalam bentuk:

  • cadangan uang/kas,
  • deposito,
  • emas,
  • ataupun instrumen lain yang mudah dan bisa dicarikan segera.

Ingat, kata kuncinya: dana darurat harus bisa dipakai dalam keadaan darurat/tidak terduga. Jadi ia harus bisa dicairkan dengan cepat dan mudah.

3. Gunakan Untuk Menabung

Setelah dana darurat aman, maka berikutnya Anda juga bisa sisihkan THR Anda untuk tabungan. Anda pasti punya tujuan keuangan. Baik itu tujuan keuangan jangka pendek ataupun jangka panjang. Nah, Anda bisa alokasikan THR Anda untuk mengisi tabungan.

Jadi, jangan lupa alokasikan THR untuk tabungan ya.

4. Gunakan THR Untuk Memenuhi Kebutuhan

Ini lebaran lho. Tentu Anda punya kebutuhan-kebutuhan. Misalkan: untuk memberi THR asisten rumah tangga, memberi THR karyawan Anda, membeli pakaian baru, menyediakan makanan yang enak, membeli hadiah, dan sebagainya. Tentu saja Anda berhak dan bisa menggunakan THR tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tadi.

Jadi, jangan hanya THRnya dipakai untuk menabung. Anda tentu perlu menggunakan THR untuk kebutuhan-kebutuhan. Bahkan jika keuangan Anda aman, Anda bisa pakai THR untuk keinginan Anda. 🙂

5. Gunakan THR Untuk Investasi

Setelah dana darurat aman, utang juga relatif aman, maka Anda bisa alokasikan THR Anda untuk investasi. Saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda gunakan. Tentunya instrumen investasinya bisa disesuaikan dengan tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Anda bisa berinvestasi di:

  • reksadana,
  • obligasi,
  • obligasi pemerintah,
  • deposito,
  • emas,
  • saham,
  • properti,
  • dan sebagainya.

Untuk Anda yang punya target dan tujuan keuangan jangka panjang (di atas 3 tahun), maka Anda bisa alokasikan investasi Anda di instrumen yang cocok untuk jangka panjang, seperti: properti, reksadana saham, dan pastinya saham.

Belum punya pengetahuan dan pengalaman dengan investasi saham? Tertarik mempelajari investasi saham secara aman, mudah, dan menyenangkan? Anda bisa ikuti kelas online Kelas Investasi Saham dari Kanala ID

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here