Ada banyak instrumen investasi. Salah satunya adalah saham. Saat ini, mulai banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi saham. Lantas, apa saja kelebihan investasi saham? Nah kali ini kita akan bahas 4 alasan karyawan perlu investasi saham.

Jadi, jika saat ini sedang menjadi karyawan di suatu perusahaan, maka Anda perlu pertimbangkan alasan-alasan berikut. Alasan-alasan ini akan membantu Anda untuk semakin yakin berinvestasi saham.

Catatan: Untuk Berinvestasi Saham Anda Perlu Ilmu

Walaupun investasi saham itu menarik dan bisa menguntungkan, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan yang memadai tentang pasar saham. Tujuannya agar Anda tahu langkah yang perlu dilakukan. Sebab tanpa analisis dan pengetahuan yang mencukupi, maka bisa-bisa kita bingung apa yang harus dilakukan. Yang akhirnya dapat berujung pada kerugian ketika kita berinvestasi.

Oleh karena itu, jika Anda mau belajar investasi saham secara lebih detail, Anda bisa pertimbangkan untuk ikut: kelas online investasi saham bersama Kanala ID.

Langsung saja, berikut alasan-alasan kenapa karyawan perlu investasi saham.

Video: 4 Alasan Karyawan Perlu Investasi Saham

Silakan tonton video berikut. Di video ini Kanala ID sudah membahas alasan-alasan perlu investasi saham.

1. Untuk Mencapai Tujuan Keuangan Anda

Setiap orang pasti punya tujuan keuangan. Baik itu tujuan keuangan jangka pendek ataupun tujuan keuangan jangka panjang. Nah, saham dapat menjadi instrumen investasi yang cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang. Contoh tujuan keuangan jangka panjang misalnya:

  • Mempersiapkan dana pensiun,
  • Mempersiapkan tabungan pendidikan anak,
  • atau tujuan-tujuan keuangan lain yang bersifat jangka panjang. Misal: tujuan keuangan di atas 5 tahun.

Dalam hal ini, Anda bisa menjadikan investasi saham sebagai persiapan Anda menghadapi masa pensiun suatu saat nanti. Kenapa? Sebab ketika membeli saham perusahaan yang bagus, di masa depan harga saham perusahaan tersebut kemungkinan besar akan naik dan memberi Anda keuntungan.

2. Sebagai Sumber Passive Income

Investasi saham juga bisa menjadi sumber passive income. Salah satunya terjadi ketika Anda menerima dividen. Dividen dari investasi saham dapat menjadi sumber passive income Anda. Lebih detail tentang dividen dan cara mendapatkan uang dari dividen bisa Anda pelajari di video berikut.

3. Investasi Saham Supaya Anda Memiliki Bisnis

Ketika kita membeli saham suatu perusahaan, maka kita ikut menjadi pemilik bisnis tersebut. Misalkan ketika Anda membeli saham BCA, maka Anda ikut punya kepemilikan di BCA. Walaupun porsi kepemilikan Anda sangat-sangat-sangat-sangat kecil. Kenapa? Karena jumlah saham yang Anda beli mungkin hanya beberapa juta, beberapa puluh juta, atau beberapa ratus juta. Sementara nilai kapitalisasi pasar BCA ada di atas 600 Triliun Rupiah.

Kendati demikian, tetap Anda dianggap sebagai pemilik sebuah bisnis. Nah untuk Anda yang ingin punya bisnis tapi tidak mau repot-repot membangun bisnis sendiri, Anda bisa beli saham di pasar modal.

4. Supaya Ikut Menikmati Kerja Keras yang Anda Lakukan

Jika Anda adalah karyawan perusahaan publik, maka Anda bisa ikut membeli saham perusahaan Anda. Misalkan Anda adalah karyawan BCA, maka Anda juga bisa membeli saham BCA. Atau Anda adalah karyawan Sampoerna, maka Anda juga bisa membeli saham Sampoerna. Kenapa? Tujuannya agar Anda ikut punya kepemilikan di tempat Anda bekerja.

Dengan demikian, hasil kerja keras Anda juga bisa Anda nikmati. Anda tidak hanya dapat gaji dan bonus, tapi Anda juga ikut punya kepemilikan di perusahaan tersebut. Jadi kerja keras Anda, pada akhirnya juga akan membuat Anda semakin kaya. Kenapa? Karena bisnis yang Anda miliki ikut membesar.

Nah itulah 4 alasan utama kenapa karyawan perlu investasi saham. Bagaimana, Anda tertarik berinvestasi saham?

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here