Salah satu saham bank daerah yang ada di Indonesia adalah BJTM. BJTM adalah kode saham dari perusahaan Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur.

Bagaimana prospek saham BJTM? Seperti apa analisa fundamental atas saham BJTM? Bagaimana cara menerapkan value investing dan meraih untung dari saham BJTM? Temukan pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Di artikel ini Kanala ID sudah menyediakan pembahasan seputar analisis saham BJTM. Yuk mari kita bahas.

Untuk Anda yang membutuhkan edukasi menyeluruh dan pendampingan dalam investasi saham, yuk ikuti: program private mentoring investasi saham Kanala ID.

Video: Analisa Fundamental dan Value Investing BJTM

Berikut video yang membahas seputar analisis saham BJTM. Silakan ditonton.

Bagaimana Prospek Saham BJTM?

Pada dasarnya, Bank Jatim adalah perusahaan yang baik. Hal ini terlihat dari kinerja keuangannya yang baik. Berikut beberapa data-data seputar kinerja Bank Jatim.

1. Kinerja yang Terus Bertumbuh

Jika kita melihat data, kinerja BJTM terus bertumbuh. Pada tahun 2012, revenue mereka masih ada di angka 3,1 triliun Rupiah. Dengan net profit sekitar 724 miliar Rupiah. Namun di tahun 2019, pendapatan BJTM mencapai angka 6,3 triliun Rupiah. Plus diikuti oleh net profit sebesar 1,38 triliun Rupiah.

Tentunya dalam rentang waktu 7 tahun terakhir telah terjadi pertumbuhan kinerja perusahaan. Tak hanya itu, kinerja ini juga dibarengi dengan peningkatan net profit margin sejak tahun 2015.

Singkatnya, BJTM punya kinerja yang cukup baik.

kinerja fundamental BJTM
Revenue dan profit BJTM dari 2012 sampai 2019.

2. Rajin Bagi Dividen dengan Nilai yang Lumayan

Salah satu keunggulan Bank Jatim adalah perusahaan ini rutin membagi dividen dengan nilai yang cukup lumayan. Untuk tahun buku 2019, BJTM membagikan dividen senilai 48 Rupiah. Padahal ketika bulan April 2020 lalu, harga saham BJTM ada di kisaran 500 Rupiah–an. Itu artinya, dividen yield sekitar: 9,6%. Jauh lebih tinggi dibanding bunga deposito. Lebih tinggi juga dibanding kupon obligasi pemerintah.

data EPS dan dividen BJTM
Earning per share dan nominal dividen BJTM dari waktu ke waktu.

Jika Anda perhatikan, nilai dividen BJTM pun terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Tentunya hal ini bagus karena juga dibarengi dengan peningkatan earning per share (laba bersih per lembar saham). Artinya, kinerja perusahaan betul-betul bertumbuh.

Singkatnya, saham BJTM ini cocok untuk Anda yang suka mengoleksi dan mengumpulkan dividen.

3. Valuasi Saham BJTM

Ketika artikel ini ditulis, harga saham BJTM sekitar 525 Rupiah. Valuasi P/E ratio BJTM pada harga tersebut adalah 5,59. Dengan P/E ratio di bawah 6, maka harga BJTM termasuk cukup murah.

Lantas, bagaimana cara meraih untung dari saham BJTM? Jawabannya sudah Kanala ID bahas secara detail pada video di atas. Jadi pastikan Anda menonton video tadi. Lalu jika Anda suka dengan video-video analisis saham semacam ini, mari nonton dan subscribe di YouTube Kanala ID.

Jika Anda mau belajar investasi saham langsung bersama Kanala ID, mari ikuti kelas investasi saham Kanala ID.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here