Salah satu skill yang perlu dimiliki oleh seorang investor saham adalah kemampuan membaca laporan keuangan.

Dengan mampu membaca laporan keuangan, investor dapat memahami kinerja keuangan suatu perusahaan. Dari sana, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih bijak dan tepat. Lantas, bagaimana cara membaca laporan keuangan?

Kali ini Kanala ID akan sharing video yang membahas tentang cara mudah dan simple membaca laporan keuangan untuk investor pemula.

Video: Cara Mudah Membaca Laporan Keuangan 

Di video ini Kanala ID sudah membahas cara simple membaca laporan keuangan untuk investor pemula. Kanala ID membahas beberapa poin-poin awal yang dapat dihiglight oleh investor pemula ketika mempelajari laporan keuangan suatu perusahaan.

Cara Mudah Mengakses Laporan Keuangan

Anda bisa mendapatkan laporan keuangan dari dua sumber utama berikut.

Untuk kepraktisan, biasanya Kanala ID mengakses laporan keuangan langsung dari website Bursa Efek Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak website perusahaan publik yang kontennya tidak lengkap. Bahkan mereka kadang lupa mengupdate laporan keuangan di website mereka.

Untuk mengakses laporan keuangan di website Bursa Efek Indonesia, Anda tinggal masuk ke menu perusahaan tercatat > laporan keuangan dan tahunan

mengakses laporan keuangan
Masuk ke menu laporan keuangan dan tahunan.

Selanjutnya Anda bisa cari laporan keuangan yang Anda inginkan. Misal, Anda bisa cari laporan keuangan BBCA, laporan keuangan Unilever Indonesia, laporan keuangan Kalbe Farma, dan sebagainya. Nantinya Anda tinggal unduh laporan keuangan tersebut.

pencarian laporan keuangan di BEI
Fasilitas pencarian laporan keuangan di web Bursa Efek Indonesia.
contoh file-file laporan keuangan
Contoh file-file laporan keuangan yang siap diunduh.

Metriks Keuangan yang Perlu Diperhatikan

Pada dasarnya laporan keuangan memuat banyak informasi seputar keuangan perusahaan. Laporan keuangan terbagi menjadi beberapa bagian, di antaranya:

  • laporan laba rugi,
  • laporan posisi keuangan,
  • laporan arus kas,
  • laporan perubahan ekuitas.
  • Untuk laporan keuangan tahunan juga dilengkapi dengan catatan detail penjelasan isi laporan keuangan.
laporan posisi keuangan HMSP
Contoh laporan posisi keuangan perusahaan. Laporan posisi keuangan emiten HMSP.

Untuk investor pemula, dapat mulai belajar dengan melakukan highlight pada beberapa poin berikut.

  • Laporan posisi keuangan perusahaan. Misalkan melihat nilai kas yang dimiliki perusahaan, melihat nilai piutang perusahaan, melihat nilai dan posisi utang perusahaan.
  • Laporan laba rugi. Misalkan melihat nilai penjualan perusahaan, melihat laba operasional perusahaan, melihat laba bersih perusahaan, dan sebagainya.
  • Laporan perubahan ekutias. Melihat perubahan ekuitas/modal inti perusahaan dari waktu ke waktu.
  • Laporan arus kas. Melihat seperti apa pergerakan arus kas perusahaan dari waktu ke waktu.

Lebih detail mengenai rasio-rasio keuangan dan kinerja perusahaan yang perlu dicermati sudah Kanala ID bahas pada video di atas tadi. Jadi, pastikan Anda menonton videonya.

Aplikasi Untuk Screening Laporan Keuangan Perusahaan

Selain dari laporan keuangan, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi untuk screening dan mempelajari laporan keuangan perusahaan. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari laporan keuangan perusahaan adalah aplikasi RTI Business.

RTI Business dapat Anda akses di website berikut: website RTI Business. Atau bisa juga Anda akses di aplikasi RTI Business. Aplikasi RTI Business bisa Anda download dari Google Play Store ataupun dari App Store.

Tampilan situs website RTI Business.

Cara memakai RTI Business dapat Anda pelajari pada tutorial lengkap berikut ini.

Jika Anda ingin dipandu lebih detail belajar membaca laporan keuangan dan analisis saham, Anda bisa ikuti program private mentoring investasi saham dari Kanala ID

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here