Bisakah kita meraih untung dari saham perusahaan rokok, khususnya HMSP?

Banyak yang menganggap bahwa perusahaan rokok berada dalam industri yang sunset. Apakah anggapan ini benar? Apakah kita harus menghindari saham-saham perusahaan rokok?

Temukan ulasan dan analisis lengkapnya di artikel kali ini. Kali ini Kanala ID akan membahas analisa fundamental saham HMSP. Plus, Kanala ID akan membongkar “rahasia” agar Anda bisa meraih untung dalam berinvestasi di saham HMSP.

Video: Analisa Fundamental dan Cara Cuan dari HMSP

Analisa fundamental mendalam seputar emiten Hanjaya Mandala Sampoerna (HMSP) sudah Kanala ID bahas di video berikut. Pastikan Anda menonton videonya.

Selain menonton video di atas, Anda juga bisa baca analisis dan ulasan lengkap HMSP berikut ini.

1. Perusahaan Bagus dan Luar Biasa

Kanala ID punya kesimpulan bahwa HMSP adalah perusahaan yang bagus dan luar biasa. Berikut beberapa buktinya.

Penjualan yang Terus Bertumbuh

Salah satu kriteria perusahaan yang bagus adalah penjualan perusahaan terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Hal ini menandakan bahwa performa perusahaan meningkat. Idealnya pertumbuhan profit diikuti dengan pertumbuhan penjualan. Mengapa? Sebab penjualan yang meningkat menandakan bahwa kinerja perusahaan bertumbuh.

Berikut data penjualan Hanjaya Mandala Sampoerna dari tahun 2010 hingga 2019. Terlihat dari grafik ini bahwa penjualan HMSP terus bertumbuh dalam 10 tahun terakhir. Tahun 2011, penjualan HMSP masih di kisaran 50 triliunan Rupiah. Namun di 2019 sudah menembus di atas 100 Triliun Rupiah.

data penjualan HMSP
Data penjualan HMSP 10 tahun terakhir.

Walaupun faktor kenaikan penjualan ini tidak terlepas dari kenaikan harga rokok dan juga kenaikan cukai tembakau. Namun penjualan tetap bertumbuh.

Return on Equity yang Gemilang

Salah satu indikator untuk menilai kinerja perusahaan adalah Return On EquityReturn on Equity (ROE) menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memaksimalkan modal inti (ekuitas) yang mereka miliki. Semakin tinggi ROE menandakan bahwa perusahaan memiliki kinerja yang bagus. Sebab mereka efektif dan bisa memaksimalkan penggunaan modal yang mereka miliki.

Sejak 2015 hingga 2019, Sampoerna konsisten menghasilkan ROE di atas 30%. Artinya perusahaan sangat efisien dalam memaksimalkan modal yang mereka miliki. Bahkan sebelum periode 2015, ROE Sampoerna bisa mencapai di atas 60%.

Penurunan ROE ini disebabkan karena meningkatnya modal HMSP. Hal ini diakibatkan oleh kegiatan right issues (penambahan modal lewat penerbitan saham baru) yang dilakukan pada tahun 2015. 

data ROE HMSP
Data return on equity HMSP 10 tahun terakhir.

Kriteria ideal ROE adalah di atas 15%. Kanala ID biasanya hanya mau membeli saham perusahaan dengan ROE di atas 15%.

Memberi Dividen Belasan Triliun Setiap Tahun

Bukti lain bahwa HMSP adalah perusahaan luar biasa adalah emiten ini konsisten membagikan dividen setiap tahun. Tak tanggung-tanggung, rasio pembayaran dividen HMSP adalah 100% dari laba bersih. Artinya, semua laba bersih yang dihasilkan oleh perusahaan akan dibagikan kepada para pemegang saham.

Anda tahu mengapa HMSP membagikan 100% laba bersih mereka? Hal ini dikarenakan perusahaan mampu mencukupi kebutuhan dana untuk modal dan operasional mereka dari cashflow yang mereka hasilkan. Alhasil, karena perusahaan sangat efisien maka laba bersih pun dapat dibagikan kepada seluruh pemegang saham.

data dividen HMSP
Histori nilai dividen HMSP 10 tahun terakhir. HMSP selalu membagikan seluruh laba bersih jadi dividen.

Kondisi Keuangan yang Bagus

Kinerja perusahaan yang gemilang pun juga diikuti oleh kondisi keuangan yang memuaskan. Jika Anda cek data terbaru di laporan keuangan HMSP, Anda akan menemukan rasio-rasio keuangan yang cantik. Ambil contoh seperti tingkat utang HMSP, cadangan kas yang mereka miliki, cashflow dari operasional mereka, dan sebagainya.

Untuk detail selengkapnya Anda bisa cek langsung Laporan Keuangan HMSP Maret 2020.

Video cara mudah membaca laporan keuangan dapat Anda simak di video berikut.

Mau belajar membaca laporan keuangan dan analisis lengkap untuk investasi saham? Ikuti kelas online investasi saham dari Kanala ID di sini

Valuasi Saham HMSP yang Menarik

Setelah kita bicara soal kinerja dan keuangan, sekarang saatnya bicara valuasi saham HMSP. Untuk menilai valuasi suatu saham, ada banyak indikator yang bisa kita gunakan. Salah satunya P/E ratio. P/E ratio (Price Earning Ratio) adalah perbandingan harga saham dengan earning per share (EPS) (laba bersih per lembar saham).

Nah, setelah kita lakukan perhitungan, ternyata P/E ratio HMSP sekitar 15. Angka ini didapat dengan perhitungan berikut.

  • EPS (Earning per share) tahun 2019: 118.
  • Harga saham tanggal 20 Mei 2020: 1770.
  • P/E ratio= 1770:118 = 15.

Nah apakah itu angka yang mahal atau murah?

Jika kita bandingkan dengan emiten consumer goods lain, maka P/E ratio 15 termasuk murah. Hal ini jika kita bandingkan dengan emiten barang konsumsi lain, seperti:

  • SIDO Muncul: P/E ratio= 22,14.
  • Kalbe Farma (KLBF): P/E ratio= 25,06.
  • Indofood CBP (ICBP): P/E ratio= 22,22.
  • Mayora (MYOR): P/E ratio= 19,51.

Walaupun kalau kita bandingkan dengan kompetitor, yakni Gudang Garam (GGRM), valuasi saham HMSP lebih mahal. Karena P/E ratio GGRM hanya sekitar 8,33.

Namun di antara emiten consumer goods lain, valuasi HMSP termasuk yang paling menarik. Apalagi jika kita memantau data harga saham HMSP. Sepanjang Januari – Mei 2020, harga saham HMSP sudah beberapa kali mencapai level sekitar 1000-1300’an. Tentunya pada harga tersebut, valuasi HMSP menjadi semakin murah (karena P/E ratio semakin kecil).

grafik harga hmsp 2020
Grafik harga saham HMSP Januari – Mei 2020.

Selain memakai P/E ratio tentu ada berbagai macam metode valuasi lain. Namun P/E ratio merupakan salah satu metode paling simple dan ampuh dalam menilai valuasi sebuah saham.

Cara Cuan dari Saham HMSP

Lantas, bagaimana cara meraih untung dari saham HMSP?

Pada dasarnya ada dua cara untuk meraih untung dari saham HMSP. Dua cara tersebut adalah:

  • dapat uang dari dividen rutin HMSP,
  • dapat uang dari capital gain HMSP.

Untuk cara perama relatif sederhana. Anda hanya perlu membeli saham Sampoerna, lalu menunggu dengan sabar setiap tahun. Karena hampir dapat dipastikan bahwa HMSP akan rutin membagikan dividen setiap tahun. Ini sudah terbukti dari track record panjang HMSP yang selalu membagikan dividen setiap tahun. Dividend yield saham HMSP pada harga 1770 adalah 6,6%. Angka ini di atas bunga deposito. Tentu angka ini cukup menarik. Apalagi jika harga HMSP makin turun di bawah 1700-an, yield dividennya akan semakin tinggi.

Namun untuk memakai cara pertama ini maka Anda harus punya modal penting, yakni: kesabaran. Sebab Anda harus menunggu HMSP bagi dividen setiap tahun.

Sedangkan untuk capital gain, Anda bisa dapatkan jika Anda membeli saham HMSP pada harga rendah, lalu menjualnya ketika harga saham HMSP sudah naik tinggi. Tentu cara ini lebih kompleks dibanding cara pertama.

Lantas, kapan kita tahu saat yang tepat untuk membeli dan menjual saham HMSP?

Tentu kita perlu analisis dan mempelajari saham HMSP secara lebih detail. Walaupun pada akhirnya tidak satu orang pun bisa dengan pasti menebak pergerakan suatu saham.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here