Salah seorang teman memposting di media sosialnya. “Duh, baru dapat gaji pertama nih. Enaknya dibeliin apa ya?”

Senang pasti, hepi jelas.

Ketika kita terima gaji pertama, rasanya berbunga-bunga. Pekerjaan kita akhirnya terbayarkan. Nikmatnya gaji pertama.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan gaji pertama? Apa yang akan saya lakukan jika mendapatkan gaji pertama? Yuk, mari kita bahas. Ini dia 4 tips memanfaatkan gaji pertamamu.

1. Bahagiakan Orang yang Kamu Sayangi

Supaya makin hepi, yuk bahagiakan orang-orang yang kamu sayangi. Misalkan kamu bisa traktir orang tua, pacar, pasangan, ataupun sahabat-sahabatmu. Atau bisa juga ajak mereka jalan-jalan. Atau belikan hadiah yang membuat mereka bahagia.

Kamu pasti tahu siapa orang-orang yang kamu sayangi, nah kamu bisa bahagiakan mereka.

2. Belikan Barang yang Kamu Inginkan

Kini kamu sudah bisa menghasilkan uang dari jerih payahmu. Untuk mengapresiasi diri, kamu bisa membeli barang-barang yang memang sudah kamu impikan sejak lama. Jadikan hal tersebut sebagai reward bagi dirimu. Siapa tahu jadi lebih semangat kan.

3. Gunakan Untuk Peningkatan Karir dan Kemampuanmu

Kamu juga bisa menggunakan sebagian dari gaji pertamamu untuk peningkatkan karir dan kemampuanmu. Misalkan, kamu bisa anggarkan dana untuk upgrade ilmu dan skill mu. Misalkan dengan cara baca buku-buku yang ingin kamu pelajari, ikut training/kelas, daftar di kursus online, dan lain sebagainya.

Gunakan juga sebagian dari penghasilanmu untuk kegiatan membangun networking. Selain bisa menambah pertemanan, juga akan membawamu pada peluang peningkatan karir/bisnismu.

Misalkan, kamu bisa belajar skill-skill yang mendukung pengembangan karir/bisnismu. Contohnya: kamu bisa ikut training/mentoring digital marketing, ikut kelas perencanaan keuangan, ikut kelas pengembangan diri/hobi, dan sebagainya.

(Mau belajar digital marketing secara intensif dan dipandu secara private oleh praktisi andal? Yuk ikuti Mentoring Digital Marketing bersama Jefferly).

4. Investasi

Nah, jangan lupa investasikan sebagian dari gaji pertamamu. Perencana keuangan, Safir Senduk, menyarankan agar kita menginvestasikan 10-20% dari penghasilan bulanan kita. (Baca juga: Gak Perlu Bingung Lagi, Ini Cara Lengkap Mengatur Keuangan Untuk Anak Muda.)

Investasi ke mana?

Bisa ke emas, reksadana, saham, ataupun instrumen investasi lainnya. Kalian bisa pilih investasi yang paling kalian suka/nyaman.

Nah jika kalian tertarik belajar investasi saham, tapi bingung caranya, yuk ikutin serial panduan investasi saham dari Kanala.id.

Atau kalian bisa juga belajar dengan cara DM langsung dan tanya-tanya ke akun Instagram @Kanala.id. Cek langsung Instagramnya ya. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here