Saham MBAP adalah salah satu saham batu bara terbaik di Indonesia. Untuk Anda yang sedang mencari ulasan seputar:

  • prospek MBAP,
  • analisa fundamental MBAP,
  • ataupun strategi investasi sahamnya,

mari simak artikel berikut. Di artikel ini, Kanala ID membagi pengalaman dan strategi berinvestasi saham MBAP. Yang mana Kanala ID sukses mendapatkan return sekitar 100%. Penasaran? Langsung saja simak artikel ini.

Sekilas Tentang Mitrabara Adiperdana Tbk

MBAP adalah kode saham dari perusahan Mitrabara Adiperdana. Mitabara Adiperdana Tbk adalah perusahaan tambang batubara yang didirikan pada tahun 1992, bagian dari grup Baramulti. Mereka memulai kegiatan produksi batubara pada tahun 2008. Adapun spesifikasi batu bara yang dihasilkan adalah jenis medium kalori. Yang mana batu bara ini termasuk dianggap lebih ramah lingkungan dan biasanya menyasar segmen pasar premium.

Saat artikel ini ditulis, mayoritas saham dikuasai oleh:

  • PT Wahana Sentosa Cemerlang (kepemilikan 60%),
  • Idemitsu Kosan Co., Ltd (kepemilikan 30%),
  • dan masyarakat/public (kepemilikan 10%).

Dilihat dari porsi kepemilikan publik, porsinya memang kecil. Hanya 10% saja.

Profil lengkap Mitrabara dapat Anda simak di website perusahaan mereka. Di laman: mitrabaraadiperdana.co.id.

Kanala ID - website MBAP
Website perusahaan Mitrabara Adiperdana.

Video: Analisa Lengkap dan Cara Untung 100% di MBAP

Silakan tonton video ini. Di video ini Kanala ID membahas tentang analisa saham MBAP. Tak hanya itu, Kanala ID juga sharing cara dan strategi yang dipakai ketika bisa meraih untung sekitar 100% dari saham ini. Tonton langsung ya.

Analisa Fundamental MBAP

Jika disimpulkan saham ini punya fundamental yang bagus. Hal ini terlihat dari sejumlah faktor berikut.

1. Rasio Profitabilitas yang Terjaga dan Bagus

Salah satu ciri saham/perusahaan bagus adalah mereka memiliki kinerja profitabilitas yang bagus. Dalam hal ini, Mitrabara Adiperdana tercatat memiliki kinerja yang baik. Rinciannya sebagai berikut. Perhatikan grafik berikut.

Kanala ID - rasio profitabilitas MBAP
Rasio profitabilitas MBAP 2014 – 2020.
  • Gross profit margin yang cukup tinggi. Terlihat bahwa dalam rentang waktu 2014-2019, perusahaan mampu menjaga gross margin mereka di angka yang cukup tinggi, yakni di atas 33%. Untuk sebuah perusahaan yang harga produknya sangat tergantung dengan pergerakan harga pasar, tentu ini menjadi menarik. Gross margin yang baik ini pada akhirnya dapat membantu peningkatan net profit perusahaan.
  • Net profit margin yang bagus. Terlihat juga bahwa net profit perusahaan berada dalam level yang baik. Selalu mampu memertahankan net profit di angka belasan persen. Artinya marginnya cukup besar. Tak heran laba MBAP pun tercatat masih relatif baik jika kita bandingkan dengan berbagai emiten batu bara lain di Indonesia.
Kanala ID - net profit MBAP
Net profit margin MBAP selalu konsisten di level yang cukup baik.

Di sisi lain, jika kita melihat dari rasio Return on Equity terlihat bahwa perusahaan mampu menjaga ROE mereka di level yang bagus. Yakni konsisten ROE di atas 20%. Tentu hal ini menandakan tingkat efisiensi usaha yang bagus.

Kanala ID - ROE MBAP
Return on Equity MBAP.

Dengan fakta-fakta ini, Kanala ID memiliki keyakinan bahwa MBAP punya kinerja yang baik. Alhasil dapat dipertimbangkan sebagai salah satu saham pilihan dalam sektor batu bara. Selain itu, tingkat efisiensi yang baik ini menjadikan MBAP punya keunggulan ketika menghadapi pergerakan harga batu bara yang naik turun. Pada akhirnya, perusahaan paling efisienlah yang akan bertahan di tengah gempuran turunnya harga batu bara.

2. Kondisi Keuangan yang Sehat

Dari sisi kondisi keuangan, MBAP juga memiliki keuangan yang sehat. Kita bisa lihat dari struktur permodalan. Terlihat bahwa ekuitas mereka terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Lalu mereka juga punya tingkat utang yang terjaga.

Kanala ID - balance sheet MBAP
Ekuitas MBAP terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Tingkat utang juga terjaga.

Kalau kita lihat data keuangan terbaru dari laporan keuangan kuartal 2 2020, MBAP punya kas yang cukup besar. Per 30 Juni 2020, kas yang mereka miliki ada di angka sekitar 64 juta US dolar. Ditambah lagi mereka punya investasi jangka pendek dalam bentuk deposito senilai 62 juta US dolar.

Kanala ID - kas MBAP
Mitrabara Adiperdana punya cadangan kas yang besar.

Sementara itu kalau kita perhatikan total utang perusahaan, nilainya ada di angka 52 juta US dolar. Artinya kas perusahaan cukup aman bahkan mampu menutupi seluruh kewajiban mereka. Singkatnya, keuangannya aman.

Kanala ID - utang MBAP
Total utang MBAP (menurut laporan keuangan kuartal 2 2020).

Jika Anda masih ingat, Kanala ID pernah membahas bahwa Kanala suka perusahaan-perusahaan yang keuangannya bagus dan aman. Sebab ini akan menjadi nilai tambah  ketika menghadapi situasi sulit. Sekadar mengingatkan, Anda bisa cek kembali video Kanala ID yang satu ini.

3. Rajin Bagi Dividen (Yield Lumayan)

Dari sisi pembagian dividen, MBAP dikenal royal. Bahkan satu tahun mereka bagi dividen dua kali. Terlihat dari histori dividen berikut. Mereka rutin bagi dividen interim dan dividen tahunan.

Kanala ID - histori dividen MBAP
Histori pembagian dividen Mitrabara Adiperdana.

Tentunya ini sangat menarik untuk Anda yang suka koleksi saham dividen. Dilihat dari yield pun, MBAP juga menarik.

Bahkan di tahun 2020 ini, saham MBAP melesat banyak. Tepatnya pada Agustus 2020, sampai terjadi ARA (Auto Reject Atas). Hal ini dikarenakan perusahaan akan bagi dividen interim dengan yield sekitar 15%. Tentu sangat menarik.

Kanala ID - MBAP bagi dividen

Valuasi Saham MBAP: Murah dan Menarik

Lantas bagaimana kalau dari sisi valuasi? Dari sisi valuasi, saat tulisan ini dibuat MBAP berada dalam valuasi yang cukup wajar. Terlihat dari:

  • PBV ada pada angka 1,4 kali. Artinya saham ini dihargai 1,4 x lebih mahal dibanding nilai bukunya.
  • PER: ada di kisaran 5 kali. Dari sisi price earning ratio, diperkirakan ada di angka 4-5 kali. Rasio ini cukup menarik jika kita bandingkan dengan saham-saham batu bara lainnya. Hanya saja, seiring dengan makin naiknya PER saham batu bara, maka tentu valuasinya akan menjadi makin mahal.

Kanala ID cukup beruntung, sebab sudah mengakumulasi saham ini ketika PER mereka berada di kisaran 2 kali. Dengan PBV 1 (waktu itu di bawah 1). Alhasil ketika itu, MBAP berhasil didapatkan dengan valuasi yang undervalue. Hal inilah yang menjadi faktor penyebab Kanala ID bisa profit hampir 100% di saham MBAP.

Kanala ID - beli MBAP saat PER 2
Momen pembelian Kanala ID pada saham MBAP. Saat itu beli di harga sekitar 1600-an, saat PER sekitar 1,9 – 2 kali.

Jika Anda ingin masuk ke saham batu bara, seperti misal ke MBAP, usahakan Anda beli di valuasi yang murah. Misalkan ketika PER-nya di bawah 5 atau PBV nya di bawah 1. Jika harga saham batu bara sudah naik banyak dan valuasinya sudah mulai wajar, maka potensi keuntungan kita pun akan menjadi lebih terbatas.

Prospek Saham MBAP Ke Depannya

Terkait prospek, seperti emiten batu bara lainnya, MBAP akan tergantung pada pergerakan harga batu bara. Sampai saat tulisan ini dibuat, harga batubara masih berada dalam level yang cukup rendah. Tentunya prospek emiten batu bara akan menjadi menarik ketika harga batu bara kembali naik ke harga tertingginya. Atau ketika harga batu bara melonjak drastis.

Kanala ID - grafik harga batu bara
Grafik harga batu bara 3 tahun terakhir, termasuk saat 2020.

Nah terkait harga tentu akan dipengaruhi oleh supply ataupun demand batu bara. Demand batu bara pasti akan dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi yang terjadi di negara-negara tujuan ekspor ataupun negara pengguna batu bara. Mengingat, tahun 2020 ini ekonomi dunia melambat (akibat covid-19) maka kemungkinan harga batu bara belum akan pulih dalam waktu dekat. Kendati demikian, kalau kita bisa dapat saham batu bara di valuasi yang sangat murah/undervalue, tentu itu akan jadi peluang.

Di sisi lain, prospek saham batu bara juga akan ditentukan oleh efisiensi perusahaan. Ketika harga batu bara makin turun/murah, tentu semua perusahaan akan terdampak. Hanya saja, perusahaan yang punya tingkat efisiensi yang baik pasti akan mampu bertahan. Nah dalam hal ini, MBAP termasuk perusahaan yang efisiensinya bagus. Alhasil Kanala ID memasukkan saham ini sebagai salah satu saham yang bisa dipertimbangkan untuk dikoleksi.

Mari kita berharap ke depannya harga batu bara kembali naik dan banyak perusahaan mampu mencatatkan kinerja gemilang.

Disclaimer: artikel ini adalah analisa saham MBAP. Bukan rekomendasi untuk menjual ataupun membeli saham. Penyebutan nama perusahaan hanya untuk keperluan edukasi dan referensiSelalu lakukan riset mandiri sebelum menjual ataupun membeli saham.

Butuh mentor untuk investasi saham? Ikuti Program Private Mentoring Investasi Saham dari Kanala IDKlik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here