Menjadi YouTuber termasuk salah satu profesi yang dapat kamu jalani.

Selain bisa menyalurkan hobi, menjadi YouTuber juga dapat mendatangkan pundi-pundi Rupiah buatmu.

Nah, buat yang ingin menjadi YouTuber, ada baiknya kita kenali dulu proses memproduksi sebuah video YouTube. Kali ini Kanala akan bahas langkah-langkah produksi video YouTube.

5 Tahap Proses Produksi Video 

Ini nih video yang akan menjelaskan padamu tentang 5 tahap proses produksi video untuk YouTube.

Kalau dirangkum, maka inilah tahap-tahap dalam memproduksi konten untuk YouTube.

1. Mendapatkan ide video.

Untuk mendapatkan ide video, kamu bisa mengambil dari pengalaman pribadi, dari kegelisahan kamu, dari situs-situs di internet, inspirasi dari YouTuber lain, dan banyak lagi. Juga ada tool-tool yang akan membantumu mendapatkan ide video. Contoh tool yang siap membantumu misal: Google Trends, Google Keyword Planner, dan banyak lagi.

2. Buat konsep video.

Setelah mendapatkan ide, berikutnya adalah membuat konsep video. Konsep video ini akan menjadi panduanmu saat proses pengambilan gambar. Kamu juga bisa menuangkan konsep video dalam bentuk naskah/storyline/storyboard. Nantinya, naskah/konsep video ini akan memandumu saat proses produksi dan juga editing video. By the way guys, jika kalian ingin tahu step by step menulis naskah video, yuk tonton video berikut.

3. Mengambil gambar dan produksi video.

Setelah ada naskah, berikutnya kamu bisa segera memproduksi video. Kamu bisa mulai merekam gambar yang dibutuhkan, mempersiapkan stok gambar, merekam suara, mencari musik pendukung, dan lain sebagainya. Jika sudah lengkap dan sesuai naskah video, baru kita masuk ke proses editing video.

4. Editing video.

Di tahap ini, barulah kita melakukan proses editing. Kita akan menyusun gambar menjadi satu bagian utuh. Kita juga bisa memotong bagian-bagian yang tidak diperlukan, menggabungkan video dan musik, dan lain sebagainya. Hasil dari proses editing adalah video yang siap dipublikasikan.

5. Publikasi video.

Nah di tahap ini kalian tinggal mengunggah videonya ke saluran YouTube kalian. Tak ketinggalan, promosikan juga video-video kalian di akun media sosial atau web kalian. Tujuannya supaya makin banyak yang nonton video tersebut.

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here