Banyak dari kita yang mungkin tidak asing dengan kata saham, bahkan mungkin di antara kalian pun sudah banyak yang mulai berinvestasi di instrumen ini.

Namun jangan khawatir buat kalian yang masih bingung soal investasi saham, sebab Kanala di sini akan memberikan alasan kenapa kalian harus berinvestasi di saham! So, baca sampai habis ya!

Yuk sama-sama kita kendali dulu apa itu investasi saham dan keuntungannya.

1. Saham = Pohon

Saham merupakan sebuah instrumen investasi dari sekian banyaknya hal yang dapat diinvestasi dan dapat memberikan keuntungan yang optimal apabila dikelola secara efektif. Jika dianalogikan, menurut Analis Binaartha Sekuritas, Nafan Aji, saham ibarat pohon.

“Ketika pohon ditanam itu kan dari setitik, tapi kalau dirawat dan tumbuh maka menghasilkan buah dan hasilnya dapat dinikmati untuk jangka panjang,” paparnya.

2. Investasi Saham Murah dan Mudah

Untuk dapat berinvestasi saham, kita tidak memerlukan banyak hal yang ribet loh, guys. Modal yang perlu kita miliki juga tidak perlu terlalu banyak, dengan minimal mengantongi Rp 100.000 – Rp 500.000 kita sudah bisa memiliki rekening saham.

“Mahasiswa bisa banget buat invetasi di saham, dengan modal yang kecil bisa dapat profit gain yang tinggi,” timpal Nafan.

3. Risiko Bisa Jadi Keuntungan

Semua investasi pasti memiliki risiko, namun tingkat risiko masing-masing instrumen pun berbeda-beda. Saham memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi, namun jika kita bisa mengelola risiko yang ada dengan baik, maka kita pun bisa mendapatkan keuntungan yang optimal juga.

“Pergerakan saham itu fluktuatif, katakanlah risiko saham yang dialami adalah suatu hal yang membuat pergerakan harga saham mengalami penurunan, tapi penurunannya terjadi karena faktor eksternal. Sedangkan secara fundamental internal perusahaan masih bagus, saya akan tetap keep risiko penurunan itu sambil mencicil beli.

Apalagi kalau nilai saham sudah menyentuh standar defiasi melebihi minus dua. Ketika harga sudah naik lagi, saya akan lebih dahulu mencapai profit gain karena saya sudah mencicil beli ketika harga sangat murah,” jelas Nafan.

Jadi guys, investasi saham memang berisiko. Hanya saja, kalau kita mampu mengelola risiko tersebut, imbal hasil yang kita dapatkan juga akan tinggi. Ketika berinvestasi saham, lebih baik kita membeli saham-saham dari perusahaan yang fundamentalnya bagus. Ketika kinerja suatu perusahaan bagus, maka kita bisa mengelola risiko investasi saham.

4. Keuntungan Saham Dari Dividen

Ketika kita berinvestasi saham, tentu kita akan merasakan keuntungan dari pembagian dividen perusahaan. Adapun dividen merupakan pembagian laba perusahaan kepada para pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Jadi, berharap saja keuntungan perusahaan melimpah dan kalian juga turut merasakannya.

“Jika keuntungan yang dibagikan baik, maka harga saham juga bisa terus naik. Keuntungannya akan semakin besar,” pungkas Nafan.

Salah satu keuntungan berinvestasi saham adalah kalian akan mendapatkan dividen ketika perusahaan yang kalian miliki untung dan membagi dividen. Selain itu keuntungan juga bisa berupa capital gain, yakni ketika kalian membeli saham di harga yang lebih murah, lalu menjualnya ketika harga saham sudah tinggi.

5. Harus Sabar

Meski kalian sudah mendapatkan banyak keuntungan dari invetasi saham, kalian tetap harus sabar loh, guys! Soalnya, jika kalian lengah sedikit bisa jadi kalian justru tidak jadi mengelola risiko dengan baik dan malah mendapatkan kerugian. Tentunya kalian nggak mau dong itu terjadi. So, pastikan kalian memang seseorang yang sabar dan memiliki passion bila ingin berinvestasi di saham.

Jika kalian tertarik belajar lebih dalam soal investasi saham, yuk baca konten-konten seputar investasi saham dari Kanala.id.

Oh iya, sebelum kalian berinvestasi, yuk pelajari dulu kiat pengelolaan keuangan di artikel ini: Gak Perlu Bingung Lagi, Ini Panduan Mengelola Keuangan Untuk Anak Muda. 

Artikel ini ditulis oleh Nathiania Z. Pessak.

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here