Masih soal tentang presentasi bisnis, kali ini Kanala akan membahas tentang aturan 10, 20, dan 30 dalam presentasi. Apa itu aturan 10, 20, 30? Bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya pada artikel kali ini.

Aturan 10, 20, dan 30 adalah aturan presentasi yang dikenalkan oleh Guy Kawasaki. Dalam aturan 10, 20, dan 30, seorang presenter sebaiknya hanya memakai 10 slide presentasi, 20 menit durasi presentasi, dan huruf dengan ukuran 30.

Ini dia infografik seputar aturan presentasi 10, 20, dan 30.

Aturan 10, 20, dan 30 dalam presentasi bisnis

10 Slides

Mengapa 10 slides? Sebab menurut Guy Kawasaki, seorang manusia normal tidak bisa memahami lebih dari 10 konsep dalam sebuah pertemuan. Dengan demikian, idealnya saat presentasi kita membawakan 10 slide saja. 10 slide presentasi kita harus memuat topik-topik berikut:

  1. Penjelasan masalah (problem).
  2. Solusi
  3. Model bisnis.
  4. Menggaris bawahi magic/teknologi bisnis kita.
  5. Marketing dan sales.
  6. Kompetisi.
  7. Tim.
  8. Proyeksi dan milestones.
  9. Status dan timeline.
  10. Rangkuman dan call to action.

Baca juga: Wajib Baca, 10 Tips Presentasi Terbaik Untuk Pebisnis Milenial

20 Menit

Menurut Guy Kawasaki, 20 menit adalah waktu yang ideal untuk presentasi. Barangkali kita memiliki waktu selama 1 jam, namun waktu 1 jam tersebut akan terpotong untuk menyiapkan peralatan presentasi. Selain itu, kita juga tidak tahu kondisi apa yang akan terjadi, barangkali ada peserta meeting yang terlambat, ada yang harus meninggalkan ruangan lebih dahulu, dan lainnya.

20 menit presentasi dan 40 menit sesi tanya jawab.

Ukuran Huruf 30

Pemakaian huruf berukuran 30 bertujuan agar slide kita mudah dibaca (bahkan oleh orang-orang tua sekalipun). Selain itu, huruf berukuran 30 akan mencegah kita menuliskan terlalu banyak teks pada slide.

Baca juga: 5 Tips Membuat Presentasi Bisnis di Powerpoint

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here