Kamu pasti sering melakukan presentasi. Entah itu presentasi untuk tugas kuliah, presentasi tugas kantor, presentasi ke klien, dan sebagainya. Nah buat yang sering membuat presentasi pakai Powerpoint, kali ini Kanala punya tips yang tokcer banget buat kalian.

Ini dia 5 tips membuat presentasi di Powerpoint. Tips ini dapat kalian pakai saat membuat presentasi. Dengan menerapkan tips berikut, dijamin slide presentasi kalian akan menarik dan enak dibaca.

tips membuat presentasi bisnis

Ini dia tips-tipsnya guys.

  1. Gunakan latar belakang berwarna gelap. Tujuannya supaya audiens lebih nyaman ketika membaca slide kita. Kenapa? Sebab warna yang terang cenderung lebih melelahkan mata jika ditatap dalam waktu yang lama. Jadi, kamu bisa gunakan warna-warna gelap sebagai latar belakang slide.
  2. Gunakan gambar atau grafik. Selain mempercantik tampilan slide, hadirnya gambar/grafik juga akan memudahkan pembaca memahami slide kamu. Gambar-gambar slidemu bisa berupa gambar ilustrasi, grafik berisi angka, ataupun jenis gambar lainnya. Jika kamu butuh koleksi gambar gratis untuk dipakai, kamu bisa baca artikel ini: Butuh Gambar Gratis? Yuk Gunakan 5 Situs Ini
  3. Tampilkan logo bisnismu. Kamu bisa tampilkan logo bisnismu di tiap halaman slide. Tujuannya agar para audiens makin akrab dengan bisnismu. Selain itu, kalau kamu punya akun media sosial/website, kamu juga bisa tampilkan alamat web/username akun medsos tersebut di slidemu.
  4. Gunakan penomoran/bullet point. Kalau kamu hendak menyampaikan beberapa hal/poin penjelasan, gunakanlah bullet point. Hadirnya bullet point akan memudahkan pembaca memahami isi slidemu secara lebih cepat.
  5. Pastikan slidemu akan jelas dan mudah dibaca ketika dicetak. Dengan demikian, setiap kali kamu menambahkan elemen/isi pada slide, selalu pertimbangkan apakah elemen tersebut akan mudah dibaca ketika slide dicetak.

Tips-tips di atas Kanala ambil dari buku The Art of The Start yang ditulis oleh Guy Kawasaki. Panduan lengkap membuat presentasi bisnis dapat kamu baca di artikel ini: Wajib Baca, 10 Tips Presentasi Terbaik Untuk Pebisnis Milenial. 

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here