Sebagai investor emas, kita pasti ingin mendapatkan keuntungan maksimal dong. Nah supaya bisa dapat keuntungan maksimal dari investasi emas, kita perlu tahu tentang faktor-faktor yang menyebabkan pergerakan harga emas.

Dalam seri artikel investasi emas kali ini, Kanala akan bahas faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas.

Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas, kita bisa memperkirakan kapan saat yang tepat untuk membeli dan menjual emas. Selain itu, buat kalian yang aktif di trading emas, ataupun yang ingin memulai trading emas, pengetahuan tentang faktor penentu harga emas ini penting banget. Kalian bisa menganalisis kondisi pasar emas dengan lebih baik lagi.

Menurut Deddy Yusuf Siregar, Analis dari PT. Asia Trade Point Futures, ada berbagai faktor yang mempengaruhi pergerakan harga emas. Ditemui pada 12 Mei 2018 lalu, Deddy Yusuf Siregar berbagi pengetahuan tentang investasi emas pada Kanala. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pergerakan harga emas, tiga di antaranya sebagai berikut.

Faktor 1: Dollar Amerika Mempengaruhi Harga Emas

Dollar Amerika juga mempengaruhi pergerakan harga emas guys. Menurut Deddy, ketika dollar menguat maka biasanya harga emas akan tertekan. Hal ini terjadi karena ketertarikan terhadap emas berkurang. Ketika permintaan berkurang, maka harganya bisa tertekan.

“Salah satunya dollar. Pada saat dollar menguat, biasanya harga emas mengalami tekanan (turun). Kebalikannya, pada saat dollar itu melemah, harga emasnya menguat,” kata Deddy tentang faktor pertama penyebab pergerakan harga emas.

Faktor 2: Pengaruh Geopolitik Dunia

Faktor lainnya adalah geopolitik internasional. Ketika ada ketegangan atau bahkan perang antar negara, maka ini jadi sentimen positif untuk kenaikan harga emas.

“Kedua kita bicara dari geopolitik nih. Apabila ada ketegangan (misal: perang), nah itu bisa menyebabkan ke depannya harga emas mengalami kenaikan,” lanjut Deddy.

Faktor 3: Suku Bunga Bank Sentral Amerika

Menurut Deddy Yusuf Siregar, tiga faktor yang mempengaruhi harga emas antara lain: pergerakan dollar Amerika, kondisi geopolitik, dan kenaikan suku bunga The Fed.

Suku bunga Bank Sentral Amerika (The Fed) juga mempengaruhi pergerakan harga emas, guys. Ketika suku bunga The Fed naik, orang-orang cenderung lebih tertarik beralih ke investasi seperti dollar Amerika.

“Jadi pada saat ada kenaikan suku bunga, artinya orang lebih banyak menyimpan tabungan. Maksudnya pegang dollar, saya tabung. Ini yang menyebabkan ketertarikan terhadap emas sedikit menurun. Orang beralih ke aset investasi lain, seperti dollar. Nah ini yang menyebabkan pergerakan harga emas,” kata Deddy Siregar.

Pada intinya, harga emas juga dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan (supply and demand). Ketika permintaan tinggi, tetapi suplai sedikit, maka akan terjadi kelangkaan. Ini akan menyebabkan kenaikan harga emas.

Nah guys, itu dia beberapa faktor penyebab pergerakan harga emas. Dengan mengetahui faktor-faktor tadi, kita bisa menganalisis kondisi pasar emas. Hasil analisis dan pengetahuan ini akan membantu kalian membuat keputusan kapan harus membeli ataupun menjual emas.

Serial artikel lain seputar investasi emas bisa kalian akses di sini: kumpulan artikel invesasi emas di Kanala.id

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here