Hai guys, ketemu lagi di serial artikel Ngobrol Bareng Buncit Foodies, kali ini Kanala akan bahas 4 tips menghindari kegagalan dalam berbisnis.

Buat yang belum tahu, awal April 2018 lalu, Kanala berbincang dengan para pendiri Buncit Foodies, itu lho food blogger dengan puluhan ribu pengikut di Instagram. Kalian bisa baca cerita lengkapnya di sini: Intip Rahasia Sukses @Buncit Foodies, Food Blogger dengan 92 Ribu Pengikut di Instagram

Nah para founder Buncit Foodies berkenan membagikan tips dalam berbisnis, khususnya tips menghindari kegagalan di bisnis. Penasaran? Ini dia empat tipsnya.

Tips 1: Jangan Jadikan Bisnis Sebagai Beban

Agar bisa sukses, kita harus menikmati bisnis yang kita kerjakan. Kalau jadi beban, nanti malah membuat stres. Nah kalian bisa kok memulai bisnis dari hobi.

Baca juga: 

Tips 2: Miliki Perencanaan yang Tepat

Kita juga perlu punya rencana guys, baik itu rencana jangka panjang atau jangka pendek. Misalnya seperti Buncit Foodies, mereka sudah punya plan tentang hal-hal yang akan mereka kerjakan di waktu yang akan datang. Mereka sudah tahu akan fokus ke mana saja untuk mengembangkan bisnis mereka.

(Baca juga: Mau Memulai Bisnis? Ini Panduan Menulis Rencana Bisnis.)

Tips 3: Terus Eksplor Hal-Hal Baru

Kalau kata Kezia Marizka (salah satu pendiri Buncit Foodies), kita perlu terus eksplor. Tujuannya supaya kita tahu dan akhirnya menemukan hal-hal yang kita suka. Nah kalau sudah menemukan passion kita, maka kita bisa mengembangkan hal tersebut.

Kegiatan eksplor ini bisa dilakukan lewat berbagai media, misal salah satunya pakai Instagram. Apalagi di Instagram banyak tuh influencers yang bisa jadi inspirasi untuk kita. Ada banyak hal baru yang bisa kita eksplor.

Tips 4: Terus Belajar

Zaman sekarang sudah gampang banget guys kalau mau belajar. Ada media sosial, ada blog, ada forum, ilmu ada di mana-mana deh. Nah, founder Buncit Foodies juga sepakat dengan hal ini.

“Komunitas yang sesuai bidang kamu pasti ada. Coba cari, coba gabung. Dari sharechatting, blog, bisa tulis, utarakan, bisa dapet info banyak (di bidang kalian). Banyak expert yang juga sudah mulai share pengalaman mereka, skill-skill dasar yang harus kalian pelajari. Itu udah gampang banget sih,” kata Arvin Vinsensius.

Jadi, jangan lupa untuk terus belajar ya guys.

Nah itu dia empat tips menghindari kegagalan bisnis dari para founder Buncit Foodies. Kalian punya tips dan pengalaman lainnya? Yuk share pengalaman dan tips kalian di kolom komentar ya.

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here