Bermula dari hunting foto dan makan bareng, kini Buncit Foodies berhasil menjadi komunitas review kuliner dengan puluhan ribu pengikut di Instagram. Tak tanggung-tanggung, akun Instgaram @BuncitFoodies tersebut memiliki lebih dari 90 ribu pengikut.

Awal April 2018 lalu Kanala berbincang dengan founder @BuncitFoodies, Arvin Vinsensius dan Kezia Mariska. Nah, penasaran gimana kisah sukses Buncit Foodies? Apa rahasia keberhasilan mereka membangun bisnis yang bermula dari hobi? Simak cerita lengkapnya yang berikut ini.

Bermula dari Hobi, Kini Jadi Bisnis

Buncit Foodies itu adalah komunitas review kuliner. Tapi sebenarnya nggak cuma kuliner doang guys. Kalau kata founder Buncit Foodies, Arvin Vinsensius, Buncit Foodies itu ingin menjadi sebuah platform tentang gaya hidup. Nah cuman mereka memang mengawali dari bidang kuliner.

“Awalnya kan kita suka hunting makan bareng. Kebetulan kita (para founder) sepupuan. Terus sering keluar bareng, makan bareng. Terus kebetulan suka foto. Klop aja, suka makan suka foto, nulis juga,” kata Kezia Mariska, salah satu founder Buncit Foodies.

Ada yang unik nih guys. Berbeda dengan foodblogger lain, Arvin dan Kezia justru tidak menonjolkan sisi personal mereka. Mereka malah menonjolkan karakter Buncit Foodies. Mereka menciptakan karakter bernama “Bos Buncit”. Mereka memosisikan diri mereka sebagai asisten Si Bos Buncit.

Nah asisten-asisten Bos Buncit ini sering berbagi review dan info kuliner. Mereka menghadirkan konten melalui web, akun Instagram, Facebook, dan juga YouTube. Tapi yang paling hits memang di akun Instagram. Bayangin guys, akun Instagramnya punya lebih dari 92 ribu pengikut dan terus bertambah. Gokil kan.

Tiap postingan mereka nih guys, di-like oleh ratusan bahkan ribuan orang.

food blogger Buncit Foodies.
Contoh konten review kuliner yang ada di akun Instagram @BuncitFoodies.

Kebayang dong betapa asyiknya kalau bisa punya bisnis yang berawal dari hobi. Terus gimana cara mereka mencapai keberhasilan tadi? Nah ini nih 5 rahasia sukses Buncit Foodies. Kamu-kamu yang mau jadi foodbloggercontent creator, atau pebisnis yang bermula dari hobi, wajib banget buat menerapkan lima rahasia sukses ini.

Rahasia 1: Mulai dari Apa yang Kalian Sukai, Tapi Konsisten Ya.

Kita bisa kok memulai bisnis dari hobi. Seperti Buncit Foodies, mereka juga memulai dari hobi. Dengan berbisnis dari hobi, kalian bakal lebih enjoy untuk menjalaninya. Tapi, meski berawal dari hobi, kalian harus tetap konsisten ya.

“Kita gimana caranya, setiap hari harus update. Gak boleh sampai kosong. Jadi kita coba pelan-pelan, yang penting ada update terus. Semakin lama jadi kebiasaan, ke mana-mana bawa kamera. Jadi ke mana-mana kayak selalu ada tugas tersendiri gitu,” kata Arvin tentang resep sukses Buncit Foodies.

Nah ini nih tips memulai bisnis dari Arvin Vinsensius.

“Cintai dulu apa yang kalian suka. Konsisten. Jangan terlalu banyak pikirin risiko, bakal rugi, bakal apa. Jalanin dulu, cintai itu. Suatu saat kamu akan ketemu jalannya, pasti akan ada jalannya.”

Rahasia 2: Jadilah Berbeda dan Miliki Keunikan

Untuk berkarya, kita perlu punya keunikan guys. Jadi kita harus berbeda. Seperti Buncit Foodies nih, mereka memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya mereka menonjolkan karakter si Bos Buncit. Selain itu, saat membuat konten, mereka selalu berusaha menulis caption yang khas Buncit Foodies.

“Jadi diri kalian. Coba lebih cari pembeda. Pembeda itu gak harus besar, yang penting ada keunikan yang bisa diingat orang,” kata Arvin.

Rahasia 3: Ketahui Apa yang Disukai Customer/Konsumen Kalian

Nah ini juga penting guys. Kita juga harus tahu apa yang disukai oleh customer kita. Kalau Buncit Foodies nih, mereka berusaha mengerti apa yang disukai para followers. Misalkan ketika mereka mau mereview makanan, mereka pasti mempertimbangkan jenis makanan seperti apa yang disukai oleh para followers.

“Kita memilih makanan pun gak boleh egois. Gua sukanya ramen, ya udah upload ramen terus, gak bisa. Kadang-kadang lu harus sesuaikan dengan keinginan followers,” kata Arvin.

Supaya bisa mengerti dengan kebutuhan para pengikut, Buncit Foodies juga memanfaatkan berbagai fitur di media sosial (khususnya Instagram). Misalkan Buncit Foodies sering mengadakan polling untuk mencari tahu selera dan kesukaan follower mereka.

Selain itu mereka juga terus menjaga interaksi dengan para pengikut di media sosial.

cara jadi foodblogger
Saat membuat konten, Buncit Foodies juga selalu mempertimbangkan kesukaan para pengikut mereka.

Rahasia 4: Hobi Juga Bisa Jadi Bisnis

Berawal dari hobi, Buncit Foodies ini sudah jadi sebuah bisnis. Kalau kalian perhatikan akun-akun Instagram @BuncitFoodies, kalian pasti sering menjumpai konten-konten paid promote di akun tersebut. Nah paid promote menjadi salah satu cara BuncitFoodies menghasilkan pendapatan.

Jadi, Buncit Foodies juga sering bekerja sama dengan brand-brand di luar sana. Tentunya dengan jumlah pengikut yang banyak, Buncit Foodies juga menjadi influencer yang menarik bagi para pengiklan.

cara jadi foodblogger ala Buncit Foodies.
Contoh konten hasil kerjasama antara Buncit Foodies dengan brand tertentu.

Gak cuma itu, Buncit Foodies juga menyediakan jasa untuk membantu para restoran. Misalkan mereka membantu membuatkan menu, termasuk juga fotografi untuk makanan.

Nah ini nih ada tips dari Arvin untuk yang ingin menghasilkan uang dari hobi/menjual keahlian yang berkaitan dengan hobi.

“Pertama kali pasti bingung banget, tapi kita memiliki standar. Dari internal sendiri, kita harus tahu pengeluaran berapa, transport berapa, kira-kira risiko apa yang terjadi. Itu bisa hitung internal. Pertama, kalau kalian belum pernah deal dengan sesuatu, itu gak apa-apa, yang penting kalian jangan sampai rugi. Banyak manfaat, yang penting dapat dulu job-nya. Kamu bisa belajar dari sana. Ke depannya kalian bisa naikinlah (harga) jasa kamu,” kata Arvin.

Rahasia 5: Manfaatkan dan Andalkan Media Sosial

Buncit Foodies ini sangat mengandalkan media sosial. Bahkan, Instagram menjadi platform utama mereka dalam menyebarkan konten ke para pengikut. Nah, buat kamu yang punya bisnis, pastikan kamu juga memanfaatkan media sosial.

Ini beberapa tips menggunakan media sosial untuk kepentingan promosi bisnis dari Kezia dan Arvin.

Pertama, bikin konten sesuai kesukaan para pengikut. Caranya? Cari tahu dulu followers sukanya apa. Nah selanjutnya posting konten-konten yang sesuai kesukaan tadi. Nanti semakin sering kita upload, kita bisa tahu kok konten mana yang disukai para followers.

“Misalkan, orang suka makanan yang berbau keju. Eh ternyata bener, pas kita upload, ternyata hype banget. Dari sana kita bisa tahu ternyata orang-orang suka makanan jajan yang ada kejunya, street food seperti itu,” kata Arvin.

Kedua, manfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial. Misalkan untuk Instagram, Buncit Foodies selalu menghadirkan variasi. Mereka tidak hanya memakai foto, tapi juga menghadirkan video. Insta story mereka pun penuh dengan berbagai variasi konten, baik foto ataupun video. Tak ketinggalan, mereka juga sering memanfaatkan fitur polling untuk berinteraksi dengan para pengikut.

Contoh penggunaan fitur polling pada Instagram story Buncit Foodies.

Ketiga, gunakan gaya konten yang menarik, supaya pengikut tidak bosan. Buncit Foodies pun menggunakan berbagai gaya foto untuk memikat para pengikut mereka di Instagram. Misalkan mereka pakai flat lay, menggunakan berbagai angle, video, dan banyak lagi.

“Banyak kreasi. Kita akhirnya dari kesimpulan aja. Kita apa yang followers kita suka, kita lebih fokus ke situ,” lanjut Arvin.

Keempatbuat rencana konten. Buncit Foodies juga punya rencana konten guys. Jadi mereka sudah merencanakan akan posting apa lagi di waktu yang akan datang. Perencanaan konten ini penting supaya bisa produktif dan konsisten memposting di media sosial.

Kelima, tulis caption yang menarik dan memikat. Caption juga penting guys. Kalau kata Kezia nih, Buncit Foodies punya sapaan untuk para pengikut mereka. Sapaannya adalah “bunciters”. Nah sapaan tadi sering digunakan saat penulisan konten Buncit Foodies.

Saat menulis caption pun ada polanya.

“Setiap caption kita bikin sama sih (polanya). Jadi ada pembuka, isi, penutup, gitu lho. Ada nyapa followers-nya juga dengan sapaan tadi (bunciters). Terus juga bikin kayak clickbait-clickbait gitu. Kayak misal, foto sambel, “mana suaranya yang suka sambel?,” kata Kezia tentang penulisan caption di Buncit Foodies.

Harus bisa menulis caption yang menarik. Buncit Foodies punya sapaan tersendiri dan pola dalam menulis caption konten-konten mereka.

Selain itu, caption yang ditulis di BuncitFoodies juga harus bisa menceritakan tentang tempat kuliner yang mereka review.

“Selain foto yang bagus, tempatnya juga bagus, kita harus bisa ceritakan itu di sana (caption),” tambah Arvin.

Nah guys, itu dia lima rahasia sukses @BuncitFoodies. Gimana, kalian tertarik juga menjadi foodblogger? Atau kalian sudah tidak sabar untuk memulai bisnis dari hobi? Share pengalaman dan cerita kalian di komentar ya.

Eitss, jangan lupa, kalau kalian mau dapat inspirasi seputar bisnis ataupun investasi yang milennials banget, yuk langganan artikel Kanala.id. Nanti kalian akan dapat update konten-konten terbaru di Kanala.id tiap minggunya.

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here