YouTube… YouTube.. YouTube lebih dari TV..

YouTube… YouTube… YouTube lebih dari TV…

Masih cukup familiar dengan lirik tadi guys?

Begitulah kata salah seorang YouTuber dalam sebuah video yang sempat trending di 2016 lalu. Penasaran videonya apa? Coba deh tanya temen kamu, mungkin ada yang tahu. Atau justru kamu masih ingat.

Obrolan soal YouTube dan YouTuber ini emang lagi rame guys. Kalau kita liat data di Google Trends, dalam lima tahun terakhir, secara umum emang topik YouTuber itu trennya naik. Artinya memang topik YouTuber sudah jadi perbincangan di kalangan warganet.

Tren pencarian seputar topik “YouTuber” dalam lima tahun terakhir (Mei 2013 – Mei 2018). Sumber: Google Trends.

Nah kamu mau jadi YouTuber juga? Atau kamu mau memulai channel YouTube?

Sebelum memulai channel YouTube, kadang kita bingung memberi nama untuk channel kita. Nah buat kamu yang lagi bingung mau kasih nama apa untuk channel YouTubemu, kali ini Kanala punya tipsnya. Inilah lima tips memberi nama untuk channel YouTube.

Ini nih video yang berisi 5 tips untuk memberi nama channel YouTube.

Kalau dirangkum, ini lima tips penamaan channel YouTube.

Tips 1: Pakai Nama Kamu Sendiri Sebagai Nama Channel YouTube

Daripada bingung milih nama channel YouTube, kamu bisa pakai namamu sendiri sebagai nama channel YouTube. Lumayan guys, dengan cara ini nama kamu bakalan lebih dikenal. Apalagi nih buat kamu yang ingin menonjolkan personal brand kamu, maka pas banget memakai nama kamu sebagai nama channel YouTube.

Beberapa YouTuber populer Indonesia juga memakai nama mereka sendiri sebagai nama channel YouTube. Misalnya: Raditya Dika, Arief Muhammad, atau sekalian Young Lex.

Channel YouTube Raditya Dika.

Tips 2: Pakai Nama/Merek Bisnismu

Kalau kamu membuat channel YouTube untuk promosi bisnis, maka kamu bisa pakai nama bisnismu sebagai nama channel. Apalagi jika bisnismu sudah punya nama. Nah biar bisnismu makin dikenal, kamu bisa pakai nama tersebut sebagai nama channelmu.

Tak cuma itu, kamu juga bisa tampilkan identitas bisnismu di channel tersebut. Misalkan tampilkan logo bisnismu di video-video, tampilkan alamat web, menampilkan logo sebagai foto channel, dan banyak lagi.

Tips 3: Pakai Nama yang Berisi Kata Kunci/Topik Channelmu

Tips lainnya kamu juga bisa menamai channelmu dengan nama yang mengandung kata kunci/topik tertentu. Misalkan kalau kamu membuat channel YouTube tentang resep masakan, kamu bisa pakai kata seperti “resep”, “memasak” “cooking” atau kata lain yang berkaitan dengan topik channelmu.

Tips 4: Pakai Nama yang Singkat dan Mudah Diingat

Yang gak kalah penting, pastikan kamu memakai nama yang singkat dan mudah diingat. Tujuannya supaya para penonton ataupun subscribermu akan terus ingat dengan channel YouTubemu. Kalau bisa, kamu cukup pakai 1 – 3 kata dalam nama channel YouTubemu.

Tips 5: Cari-Cari Ide Nama dengan Situs Ini

Untuk membantumu mendapatkan ide nama, kamu juga pakai dua situs berikut:

  • LeanDomainSearch.com.
  • Wordoid.com
LeanDomainSearch.com, salah satu situs yang bisa kamu gunakan mencari ide nama.

Dua situs tadi akan memberi banyak ide nama untukmu. Kamu tinggal menuliskan satu kata, lalu situs-situs tadi akan memberi rekomendasi nama sesuai kriteria yang kamu tentukan. Singkatnya, cobain deh pakai kedua situs tadi. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan ide nama untuk channel YouTube.

Selain lima tips tadi, kamu juga bisa mencari ide nama dengan mengamati channel YouTuber lain. Barangkali kamu punya YouTuber favorit? Nah coba saja ikuti nama/cara mereka memberi nama channel. Oh iya, jika kamu suka dengan artikel-artikel semacam ini, yuk langganan artikel di Kanala.id. Daftarkan emailmu untuk berlangganan artikel di Kanala.id. Nantinya kamu akan dapat pemberitahuan konten dua kali dalam seminggu.

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here