Hayo, siapa di sini yang sudah punya bisnis?

Kalau kamu sudah punya bisnis, apakah kamu sudah punya web sendiri?

Sebenarnya, penting gak sih punya website untuk bisnis kita?

Punya web itu penting guys. Kenapa? Sebab dengan adanya website, bisnismu bisa makin eksis di internet. Web bisa digunakan sebagai sarana promosi bisnismu di internet. Jadinya kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Terus, gimana cara mudah untuk membuat website? Nah kali ini Kanala akan bagikan 4 cara paling mudah untuk membuat website. Dengan menerapkan cara-cara ini, kamu bakal bisa bikin website untuk kepentingan bisnismu. Kamu bisa buat web dengan mudah dan praktis, meski kamu gak paham sama dunia coding dan pemrograman web.  Inilah 4 cara membuat website untuk bisnismu.

1. Bikin Website Pakai Platform Pembuatan Web di Internet

Saat ini ada banyak platform yang memudahkanmu untuk bikin web sendiri. Mungkin kamu pernah dengar tentang Blogger.com? Squarespace.com? Wix.com? Nah web-web tadi menyediakan platform dan sarana yang bisa kamu pakai untuk membuat website sendiri.

Contoh nih, Blogger.com ini biasanya dipakai untuk membuat blog. Meski berupa blog, blog tetap bisa kok dijadikan sebagai web bisnismu. Apalagi nih ya, untuk bikin web di Blogger itu gratis. Kamu tidak perlu keluar biaya. Kamu bisa daftarkan webmu cukup bermodalkan akun Gmail. Mudah banget kan? Cobain deh bikin web di Blogger.com. 

membuat website dengan blogger
Situs Blogger.com. Blogger.com dapat kamu gunakan jika ingin membuat website dengan mudah dan praktis.

Selain Blogger.com, kamu juga bisa cobain pakai WordPress.com. Sama halnya dengan Blogger, WordPress.com ini juga bisa kamu pakai untuk bikin web.

Mau nyobain yang lebih keren? Kamu juga bisa cobain situs-situs berikut:

  • Squarespace.com.
  • Wix.com.
  • Weebly.com.
situs Squarespace
Situs Squarespace.com. Squarespace.com merupakan salah satu platform layanan web yang bisa kamu gunakan.
Ini nih beberapa contoh template website yang tersedia di situs Wix.com.

2. Membuat Website Pakai WordPress

Nah cara yang kedua kamu juga bisa bikin web pakai software WordPress. Dibanding cara pertama tadi, cara ini agak lebih ribet. Tapi tunggu dulu, meski ribet, WordPress ini lebih powerful lho. Kamu bisa gunakan WordPress untuk bikin berbagai jenis web, mulai dari blog, web penjualan produk, company profile, web media online, toko online, forum, dan banyak lagi kreasi web lainnya.

Situs WordPress.org. WordPress adalah software website yang bisa kamu gunakan untuk membuat web. Dengan memakai WordPress, kamu bisa membuat berbagai jenis web dengan mudah.

Untuk bisa bikin web pakai WordPress, kamu butuh yang namanya domain dan hosting.

  • Domain itu adalah alamat untuk webmu. Contohnya misal: Facebook.com, Kanala.id, Twitter.com, dll.
  • Hosting itu adalah tempat menyimpan file webmu di internet.

Nah nanti setelah punya domain dan hosting, kamu bisa instal software WordPress tadi di hostingmu. Dari sana, baru deh kamu bisa bikin webnya pakai WordPress.

Iya sih, ini emang agak teknis, tapi kalau kamu mau belajar, kamu bisa kok cari-cari panduan seputar WordPress di Google. Atau kamu juga bisa ikuti topik seputar WordPress di Kanala.id. Kamu tinggal cek tag WordPress di Kanala (klik link ini). 

3. Membuat Website Pakai Template 

Nah cara ini juga praktis. Kamu bisa bikin website pakai template. Caranya sebagai berikut.

  • Kamu cari dan unduh template-template web yang ada di internet. Untuk mencari template web, kamu bisa googling dengan kata kunci “free website template” atau “template web gratis” ataupun kata kunci lain yang sesuai.
  • Kamu juga bisa cari template web di situs-situs ini: Minisitegallery.com, freewebtemplates.com, atau templated.co.
  • Setelah dapat template yang sesuai, kamu bisa unduh (download) template-template tersebut.
  • Nantinya kamu bisa edit template tadi. Untuk mengedit template, kamu bisa gunakan software seperti: CoffeeCup HTML Editor, Adobe DreamweaverKompoZer, dan software editor HTML lainnya.
Contoh-contoh template website gratis yang tersedia di internet.

Nah setelah berhasil mengedit template web tadi, silakan unggah (upload) template tadi ke hostingmu. Habis itu, udah deh web kamu online dan bisa diakses dari seluruh dunia.

4. Membuat Website Pakai Mobirise

Buat kamu yang mau bikin website keren tanpa perlu ribet otak-atik, kamu bisa cobain software Mobirise. Mobirise adalah software editor template web. Jadi, kamu bisa download software Mobirise dari webnya di sini. Nah setelah kamu unduh, kamu bisa instal Mobirise tadi di komputermu.

membuat website dengan Mobirise
Beberapa contoh fitur unggulan dari software Mobirise. Dengan memakai Mobirise, kamu bisa bikin website keren dengan mudah dan praktis.

Nanti kamu bisa langsung membuat web pakai Mobirise. Mobirise sudah menyediakan template-template yang siap pakai. Kamu tinggal drag and drop dan edit template-template tersebut.

Nah setelah selesai, udah deh, kamu bisa ekspor hasil kerjamu tadi ke dalam file HTML. Nantinya file inilah yang akan kamu unggah ke hosting untuk selanjutnya jadi web kamu.

Contoh sebuah website yang dibuat memakai Mobirise.

Nah guys, untuk bikin web memang banyak cara-caranya. Hanya saja, itu tadi empat cara yang paling mudah dan praktis menurut Kanala. Dari empat cara di atas, yang paling praktis sih adalah cara pertama, yaitu kamu bikin web pakai platform/layanan web yang sudah ada di internet. 

Masih bingung? Tenang, kamu boleh kok sampaikan pertanyaan lewat kotak komentar. Nanti Kanala akan jawab kebingunganmu.

Selain itu, kalau memang tidak mau ribet, kamu bisa juga kok sewa jasa pembuat web. Biasanya banyak tuh freelancer yang menyediakan jasa pembuatan website. Atau mungkin ada temenmu yang bisa bikin web, nah coba aja minta bantuan dia.

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here