Bayangkan kamu punya bisnis, kamu punya website, lalu pengunjung webmu mencapai angka ratusan ribu pengunjung per bulan. Berapa besar omzet yang bisa kamu miliki?

Bayangkan pula kalau akun Twittermu diikuti oleh puluhan ribu orang. Berapa banyak penjualan yang bisa kamu dapatkan?

Apakah semua itu bisa dicapai? Tentu bisa. Gimana caranya? Kali ini Kanala akan bagikan cara-caranya. Di artikel ini Kanala akan membahas cara membuat blog yang sukses, punya banyak pembaca dan pengikut, dan pastinya dapat dipakai untuk kepentingan bisnismu.

Awal Mei 2018 lalu, Kanala berbincang dengan Yodhia Antariksa. Yodhia Antariksa adalah blogger dari StrategiManajemen.net. Ia dikenal sebagai pebisnis online, blogger, dan konsultan manajemen.

Blog StrategiManajemen.net.

Blog milik Yodhia dikunjungi ratusan ribu pengunjung tiap bulannya. Menurut data dari SimilarWeb, pada April 2018 blog StrategiManajemen.net tadi memiliki 430 ribu kunjungan. Tak hanya itu, akun Twitter Yodhia Antariksa (@Strategi_Bisnis) juga memiliki lebih dari 80 ribu pengikut.

Jumlah kunjungan blog StrategiManajemen.net pada April 2018. (Sumber; SimilarWeb).
Akun Twitter @Strategi_Bisnis milik Yodhia Antariksa.

Pada Kanala, Yodhia berkenan membagi rahasia dan kiat suksesnya sebagai blogger. Inilah langkah-langkah membangun blog sukses menurut Yodhia Antariksa.

Langkah 1: Dapatkan Ide Blog yang Spesifik

cara mendapatkan ide untuk blog

Yodhia menyarankan supaya kita bikin blog dengan tema yang spesifik. Jadi, langkah pertama adalah dapatkan ide blog yang spesifik. Kenapa harus spesifik?

Tujuannya supaya lebih mudah membangun segmen pembaca yang spesifik namun loyal.

“Kalau Anda bekerja sebagai manajer HRD, buatlah blog tentang HRD. Kalau Anda ahli sedot wc, buatlah blog tentang teknologi sedot WC. Dan kalau Anda jualan batu akik, ya bikinlah blog tentang batu akik – dan jangan cuma marah-marah di blog orang lain,” tulis Yodhia di salah satu posting blognya.

Sejak memulai blog StrategiManajemen.net pada 2007, Yodhia langsung menentukan blognya akan fokus pada tema manajemen dan bisnis.

“Waktu itu saya sudah merencanakan kategori. Waktu itu blog saya, saya isi dengan kategori konten management skillspersonal finance, mengenai entrepreneurship,” katanya.

Gimana cara dapat ide blog yang spesifik?

Saran dari Yodhia nih, kita bisa bikin blog yang memang sesuai bidang kita. Misal kita bisa membuat blog yang berkaitan dengan bidang bisnis/pekerjaan kita.

“Kalau Anda jualan mengenai jasa konsultasi, ya nulis mengenai konsultan manajemen. Kalau Anda jualan misalnya mengenai kuliner, tulislah seputar kuliner. Kalau Anda kerja di bidang desain komunikasi visual, blogmu isinya mengenai komunikasi visual,” katanya.

Langkah 2: Buat Konten Berkualitas dan Update Secara Rutin

Nah, habis dapat ide blog, terus apa lagi dong? 

Berikutnya adalah mulai mengisi blog dengan konten berkualitas. Dan yang tak kalah penting, blog harus diupdate secara rutin.

“Jadi saya sudah 11 tahun ngeblog, sejak Juli 2007, dan selalu saya update setiap Senin pagi. Selalu tanpa pernah henti. 11 tahun,” ungkap Yodhia.

Konsistensi ini penting, sebab dengan mengupdate blog secara konsisten, pembaca akan tahu kapan harus datang ke blog kita. Pembaca akan tahu kapan ada konten terbaru di blog kita.

Untuk membangun blog yang sukses, perlu konsistensi dalam menulis dan mengelola blog. Yodhia Antariksa.

Untuk bisa produktif nulis, kan butuh ide, cara dapat idenya gimana dong?

Harus banyak baca dong. Bisa baca buku, majalah, ikutin isu terkini di bidang blog kita. Kalau Yodhia sendiri, dia memang membiasakan untuk rutin membaca.

“Ya karena saya banyak membaca. Buku saya ratusan. Jadi kalau Anda rajin membaca buku, misal sebulan empat (seminggu satu) pasti ide Anda akan mengalir. Jadi membaca itu mendidik otak Anda untuk kreatif, untuk eksploratif. Saya membaca buku sebulan minimal dua,” kata Yodhia.

Rahasia Menulis Konten Viral dan Menarik Bagi Pembaca

Nah ini yang asik, kita bakal membahas cara membuat konten yang menarik, maknyus, bahkan viral. FYI nih guys, beberapa artikel yang ditulis Yodhia ada yang viral dan dishare sampai belasan ribu kali. Bahkan salah satu artikelnya yang membahas tentang batu akik dan kegoblokan kolektif dishare lebih dari 35 ribu kali!

Jumlah share yang didapat oleh artikel berjudul “Tentang Ilmu Financial Psychology, Booming Batu Akik dan Kegoblokan Kolektif”. Ini salah satu artikel viral yang ada di blog StrategiManajemen.net.

Ternyata ada tiga kunci sukses untuk menulis konten viral dan menarik. Ini nih tiga kuncinya.

Pertama, tulis konten dengan tema yang sedang jadi tren.

“Misal tulisan saya tentang batu akik. Waktu itu lagi tren tentang batu akik. Kemarin saya nge-tweet tentang kejatuhan 7-Eleven (Sevel), pas sevel jatuh. Kemudian saya ngetweet tentang Telkomsel (ketika Telkomsel di-hack). Itu semua jadi viral. Jadi, sesuai tren,” kata Yodhia.

Kedua, tulisan harus bagus. Salah satu kriterianya adalah menginformasikan sesuatu yang baru. Informasi baru ini harus bisa membuat pembaca merasa “wow”. Pembaca jadi tahu sesuatu yang baru.

Ketiga, tulisan harus mengundang emosi. Misal: emosi kemarahan atau ada sesuatu yang lucu.

“Emosi kemarahan atau emosi sesuatu yang lucu, itu suka jadi viral. (Artikel) batu akik viral, karena orang merasa lucu dengan artikel itu,” sambung Yodhia.

Langkah 3: Promosikan Blog dengan Konsisten

panduan membangun blog sukses
Fokus pada konten berkualitas, optimalkan SEO, promosikan blog dengan konsisten. Ulangi, ulangi, ulangi, maka kamu akan terkenal. Inilah rahasia sukses sebuah blog menurut Yodhia Antariksa.

Sebagai blogger, pasti kita mau dong blog kita punya banyak pengunjung. Nah supaya banyak pengunjung, ini nih yang disarankan sama Yodhia Antariksa.

Pertama, lakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Yodhia juga menyarankan agar kita para blogger membidik kata kunci yang persaingannya relatif rendah. Ketika kita membidik kata kunci yang persaingannya rendah, blog kita akan lebih cepat untuk masuk di halaman pertama Google.

Kedua, rajin promosikan blogmu di media sosial. Misal di Facebook dan Twitter. Untuk promosi, kamu bisa menggunakan cara berbayar ataupun gratis. Cara berbayar misalnya dengan mengiklankan blogmu di Facebook/Twitter/media sosial lain.

Baca juga:

“Selain menulis, kalau bisa promosikan juga tulisanmu di Facebook. Kalau kamu punya akun personal. Promosikan juga di Twitter. Kalau punya sedikit uang, gunakan jasa SEO. Lakukan terus, repeat, repeatrepeat. Nulis, promosi, beli SEO. Nulis, promosi, beli (backlink) untuk SEO. Nanti kamu akan terkenal,” pungkas Yodhia.

Nah, itulah langkah-langkah untuk membangun sebuah blog yang sukses. Jika kamu ingin mengikuti serial artikel seputar blogging, atau ingin mengakses panduan lengkap blog di Kanala.id, yuk ikuti tag blogging di Kanala.id

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

1 COMMENT

  1. suatu saat semoga saya seperti beliau. Saat ini beberapa hal diatas sudah saya terapkan, soal konsisten dan niche khusus yang dikuasai.

    Untuk cara menuliskan kontes viral itu yang masih sulit saya raih karena kemampuan menulis saya masih minim. Misal untuk tema Ramadhan, saya bingung mau nulis tetnang apa, baru kepikiran soal THR, tapi masih abu-abu mau diarahkan kemana tulisan ttg THR tsb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here