Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis. Salah satunya kamu bisa mempromosikan bisnismu melalui Facebook. Untuk berpromosi di Facebook, kamu bisa menggunakan cara berbayar ataupun cara gratis.

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan iklan Facebook (Facebook Ads), kali ini Kanala akan membagikan beberapa video tutorial yang memandumu beriklan di Facebook. Total ada enam video tutorial panduan Facebook Ads yang bisa kamu tonton di artikel ini.

Artikel ini akan memandumu untuk:

  • memulai beriklan di Facebook,
  • mengiklankan bisnis/websitemu di Facebook,
  • membuat iklan di Instagram,
  • mengakses dan mengelola iklan Facebookmu.

Mengapa Beriklan di Facebook?

Salah satu pertimbangan memilih Facebook adalah Facebook merupakan jejaring sosial dengan jumlah pengguna yang sangat besar di Indonesia.

Nih guys, menurut data We are Social yang dikutip dari Statista.com, Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak. Jumlah pengguna Facebook di Indonesia hingga April 2018 diperkirakan berjumlah 140 juta pengguna.

Statistic: Leading countries based on number of Facebook users as of April 2018 (in millions) | Statista

Dengan jumlah pengguna yang besar, tentu Facebook menjadi salah satu pilihan utama pelaku bisnis dalam beriklan.

Udah gak sabar mau beriklan di Facebook? Nah berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

Langkah 1: Buatlah Sebuah Halaman Facebook

Untuk beriklan di Facebook, kamu bisa menggunakan akun personal ataupun memakai halaman Facebook. Hanya saja, agar promosi yang kamu lakukan makin optimal, kamu bisa memanfaatkan halaman Facebook.

Dengan memakai halaman Facebook, kamu mendapatkan berbagai fasilitas tambahan untuk mendukung promosi bisnismu. Salah satu contohnya misal Facebook Insights (wawasan Facebook). Facebook Insights bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai data seputar kinerja halamanmu. Kamu bisa tahu data demografi penggemar halamanmu, kamu bisa mendapatkan data interaksi tiap konten, dan banyak lagi. Singkatnya, Facebook Insights akan membantu meningkatkan strategi pemasaranmu di Facebook.

Anda dapat menggunakan Wawasan Halaman untuk melacak berapa banyak orang yang Anda jangkau, konten apa yang paling mereka tanggapi, berapa banyak orang yang mengambil tindakan, dan lainnya. Melihat bagaimana kinerja Halaman Anda dapat membantu Anda menentukan lebih jauh strategi konten Anda dan memahami bagaimana Halaman Anda membantu mencapai tujuan bisnis Anda,” tulis Facebook di laman resminya. 

Selain itu, di halaman Facebook juga terdapat fasilitas promosi. Dengan memakai fasilitas tersebut, kamu bisa membuat iklan Facebook dengan mudah dan praktis.

Nah buat kamu yang belum punya halaman Facebook, silakan buat dulu. Berikut video panduan membuat halaman Facebook sampai jadi.

2. Tambahkan Saldo Iklan ke Akun Facebookmu

Ada berbagai metode pembayaran iklan Facebook di Indonesia. Tiga di antaranya adalah:

  • pembayaran melalui kartu kredit,
  • pembayaran melalui atm/transfer bank,
  • menggunakan kupon Facebook.

Jika kamu punya kartu kredit, kamu bisa membayar melalui kartu kredit. Kamu tinggal hubungkan kartu kreditmu dengan akun Facebook. Nah, buat yang tidak punya kartu kredit, kamu bisa membayar iklan Facebook melalui transfer bank.

Agar bisa segera beriklan di Facebook, silakan isi saldo iklan di akun Facebook. Berikut video panduan mengisi saldo iklan di akun Facebook.

3. Mulailah Membuat Iklan

Setelah berhasil mengisi saldo di akun Facebook, kamu bisa segera membuat iklan. Ada berbagai jenis iklan yang bisa kamu buat di Facebook. Kamu bisa memilih jenis iklan yang paling sesuai dengan tujuan pemasaranmu. Contoh, jika kamu ingin mendatangkan pengunjung ke blog/web, kamu bisa buat jenis iklan lalu lintas kunjungan.

jenis-jenis iklan Facebook.
Berbagai jenis iklan yang tersedia di Facebook.

Ini video tutorial langkah-langkah membuat iklan di Facebook.

Selain itu, kamu juga bisa mengiklankan konten halaman Facebookmu. Misal, kamu memposting penawaran produk di halaman Facebook, nah posting penawaran tadi juga bisa kamu iklankan. Dengan mengiklankan posting halaman, kamu bisa memperluas jangkauan konten tadi.

Ini video tutorial mengiklankan konten halaman Facebookmu.

Omong-omong, kalau kamu butuh koleksi gambar untuk iklan Facebook, kamu juga bisa lho cek artikel ini: Butuh Koleksi Gambar Gratis? Yuk Pakai Situs Ini

Di artikel tadi Kanala membahas berbagai web yang bisa kamu gunakan kalau kamu butuh koleksi gambar. Koleksi gambar tersebut bisa kamu pakai di website, blog, di akun media sosial, ataupun untuk keperluan lainnya.

4. Mau Beriklan di Instagram? Juga Bisa Lho

Kamu juga bisa kok membuat iklan di Instagram. Apalagi Instagram termasuk salah satu media sosial yang digemari masyarakat Indonesia. Untuk membuat iklan di Instagram, kamu tinggal atur penempatan iklan yang kamu buat. Saat membuat iklan di Facebook, kamu juga bisa menempatkan iklan tersebut di Instagram.

Nah berikut video penjelasan seputar penempatan iklan di Instagram.

5. Jangan Lupa Cek Hasil Iklanmu

Setelah iklanmu tayang, iklan tersebut akan mulai mendapatkan interaksi. Nah pastikan kamu juga rutin mengecek hasil iklanmu di Facebook. Cara mengecek dan mengelola iklan Facebook dapat kamu pelajari di video berikut.

Bagaimana, makin tertarik untuk beriklan di Facebook? Selamat mencoba ya. Intinya kamu bisa gunakan Facebook Ads (iklan Facebook) sebagai salah satu sarana pemasaran bisnismu di internet.

Punya pengalaman dalam memakai Facebook Ads? Yuk share ceritamu di kolom komentar. 🙂

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here