Hayo, siapa di antara kalian yang punya bisnis online?

Kalau kamu punya bisnis online, pasti kamu sering memakai website ataupun akun media sosial. Entah itu untuk jualan online, buat promosi produk, dan lainnya.

Guys, kita pasti mau dong website ataupun akun media sosial kita menarik. Nah supaya menarik, kamu bisa gunakan berbagai foto ataupun grafis visual.

Ngomongin soal gambar, kali ini Kanala akan bahas lima situs yang bisa kamu gunakan jika kamu butuh koleksi gambar gratis. Penasaran? Inilah lima situs penyedia gambar gratis yang bisa kamu gunakan.

1. Pixabay

Situs Pixabay menyediakan gambar bebas royalti yang bisa kamu gunakan. Bahkan gambar di Pixabay juga bisa kamu gunakan untuk kepentingan komersial sekalipun. Tak tanggung-tanggung, Pixabay menyebut mereka menyediakan lebih dari 1,4 juta foto dan video bebas royalti. Gokil!

Over 1.4 million royalty free stock photos and videos shared by our generous community. -Pixabay-

Tak hanya foto, kamu juga bisa memanfaatkan Pixabay jika kamu butuh stok video. Pixabay juga menyediakan koleksi visual lain dalam bentuk ilustrasi dan grafik vektor.

situs penyedia gambar gratis pixabay
Situs Pixabay.com.

2. Pexels

Situs Pexels juga bisa kamu manfaatkan jika kamu butuh stok foto gratis. Foto-foto yang tersedia di Pexels juga bebas digunakan untuk kepentingan personal dan komersial. Foto yang ada di Pexels juga berlisensi Creative Commons Zero (CC0). Itu artinya kita bisa menggunakan foto tersebut untuk kepentingan personal ataupun komersial. Kita juga diperbolehkan untuk memodifikasi, menyalin, dan mendistribusikan foto tersebut.

situs penyedia gambar gratis pexels
Contoh koleksi foto yang tersedia di situs Pexels.com.

Daya tarik dari situs Pexels adalah kita bisa mencari foto berdasarkan kategori tertentu. Contoh kita bisa mencari foto berdasarkan:

  • foto terpopuler,
  • foto berdasarkan pencarian terpopuler,
  • warna foto,
  • kontributor foto paling populer di Pexels.

Untuk menikmati fitur-fitur di atas, kita tinggal memakai fitur browse di situs Pexels.

Fitur penelusuran foto di situs Pexels.

3. Freeimages.com

Situs Freeimages.com juga bisa digunakan jika kamu butuh koleksi foto gratis. Foto yang tersedia di situs ini terdiri dari berbagai kategori, mulai dari arsitektur, desain dan seni, edukasi, bisnis dan finansial, dan banyak lagi.

Selain itu, juga ada fitur penelusuran foto berdasarkan foto terpopuler, foto terbaru, pilihan editor, hingga berdasarkan jenis kamera. Keren ya? Yuk, kamu bisa coba gunakan situsnya.

situs penyedia gambar gratis untuk website
Tampilan situs Freeimages.com.

4. Unsplash

Situs ini beralamat di Unsplash.com. Untuk mencari gambar di situs Unsplash, kamu bisa mencari gambar berdasarkan kata kunci tertentu. Selain itu, kamu juga bisa pakai fitur explore. Dengan memakai fitur explore, kamu bisa mencari foto berdasarkan kategori tertentu.

situs penyedia foto gratis di internet unsplash
Contoh salah satu kategori foto di situs Unsplash.

5. StockSnap.io

Nah situs yang kelima adalah StockSnap.io. Di situs ini kamu juga bisa mencari foto-foto gratis berdasarkan kategori tertentu. Contoh kategori tersebut misalnya: bisnis, alam, komputer, pantai, kota, dan banyak lagi. Untuk memakai fitur ini, kamu tinggal kunjungi situs StockSnap.io, lalu masuk ke menu categories. Selanjutnya kamu tinggal cari deh foto yang kamu butuhkan.

situs Stocksnap.io penyedia gambar gratis
Berbagai kategori foto yang tersedia di situs StockSnap.io.

Di situs StockSnap juga tersedia fitur trending. Melalui fitur ini, kita bisa menelusuri foto-foto yang sedang trending di situs StockSnap. Penasaran? Coba deh kamu gunakan website StockSnap.io.

Nah itulah lima situs yang bisa kamu gunakan jika kamu butuh koleksi gambar gratis. Nantinya koleksi gambar tadi dapat kamu unggah ke website. Hadirnya gambar-gambar keren tadi dapat mempercantik tampilan konten webmu.

Plus foto-foto keren tadi juga bisa kamu gunakan untuk keperluan lain, misal: untuk menjadi ilustrasi postingmu di media sosial, untuk mempercantik thumbnail video YouTube, untuk menambah gambar di presentasimu, dan banyak lagi.

By the way nih, kalau kamu butuh tips presentasi bisnis, yuk baca artikel ini: 10 Tips Presentasi Bisnis Terbaik Untuk Milenial

Suka dengan konten Kanala.id? Yuk daftarkan emailmu untuk langganan artikel bisnis dan investasi khusus milenial dari Kanala.id.

1 COMMENT

  1. saya selalu menggunakan pexels.com, ternyata banyak website penyedia gambar gratis lainnya ya, saya jadi makin banyak punya refrensi. Apalagi gambar yang disajikan berkualitas HD dan sangat menarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here